Sering Bikin Bingung, Begini Bentuk Perut Hamil 2 Bulan Saat Duduk
Bentuk Perut Hamil 2 Bulan Saat Duduk (Gambar Kelly Sikkema - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kehamilan membuat perubahan fisik pada wanita, salah satu yang sangat jelas yakni wujud perut. Dari bulan ke bulan, ukuran perut bakal semakin membesar. Lantas seperti apa bentuk perut hamil 2 bulan saat duduk?

Dalam postingan ini, bakal kita ulas macam mana wujud perut hamil 2 bulan saat duduk dan pada kehamilan bulan-bulan selanjutnya. Tidak hanya itu, kenali pula perubahan fisik saat berbadan dua serta perbedaannya dengan perut buncit.

Bentuk Perut Hamil 2 Bulan Saat Duduk

Kehamilan umur 2 bulan terhitung dalam kehamilan trimester awal. Wujud perut berbadan dua 2 bulan saat duduk bisa jadi masih tidak nampak.

Dilansir dari newtonbaby, kehamilan pada trimester awal (bulan 1 sampai 3) mayoritas tidak nampak walaupun telah timbul benjolan kecil. Sebagian perempuan bisa jadi tidak merasakannya sebab keadaan tiap orang berbeda.

Bentuk Perut Hamil dari Bulan ke Bulan

Masih dari newtonbaby. com, berikut ini kita ulas secara lengkap wujud perut serta ukuran kandungan sepanjang kehamilan dari bulan ke bulan.

Trimester Pertama

Trimester awal merupakan bulan ke-1 hingga ke-3 ataupun pekan ke-1 sampai pekan ke-12. Seperti dijelaskan di atas, perut hamil pada umur ini masih belum nampak walaupun telah terdapat benjolan kecil.

Kalian mungkin juga mulai menyadari ada perbedaan pada saat menggunakan celana.

Ukuran kandungan pada masa ini masih sangat kecil, yaitu sampai kurang lebih 3 inci pada pekan ke-12. Sebaliknya ukuran rahim dapat sebesar jeruk bali tetapi bila dilihat secara fisik, perut cuma memperlihatkan benjolan kecil.

Trimester Kedua

Trimester kedua ialah bulan ke-4 hingga ke-7 ataupun dari pekan ke-13 sampai ke-27. Pada masa ini, Kalian bakal betul-betul melihat benjolan pada perut.

Pada awal trimester kedua, orang lain mungkin sudah dapat melihat kehamilan Kalian serta pada akhir trimester, perut sudah jadi besar.

Ukuran kandungan pada masa ini tumbuh dari 4 inci jadi sekitar 15 inci pada akhir trimester kedua. Rahim bakal membesar sampai sebesar pepaya sehingga tidak muat di dalam panggul.

Pada trimester ini, posisi rahim terletak di tengah- tengah antara pusar serta payudara.

Trimester Ketiga

Trimester ketiga ialah pada bulan ke-8 hingga ke-10 ataupun pekan ke-28 sampai ke-40. Kalian bakal nampak seperti membawa bola basket kecil di balik pakaian Kalian.

Ukuran bayi Kalian bakal berkembang sekitar 18-20 inci. Sebaliknya rahim Kalian bakal berkembang sebesar semangka.

Rahim bakal memanjang dari area kemaluan sampai ke bawah tulang rusuk. Kalian bakal merasakan mulas ataupun sesak napas sebab rahim mendorong kandung kemih, paru-paru, serta perut.

Perubahan Fisik Ibu Hamil

Tidak hanya wujud perut, terdapat beberapa transformasi fisik yang dirasakan ibu berbadan dua, antara lain perubahan pada payudara serta kulit. Berikut beberapa perubahannya seperti dilansir dari laman Kementerian Kesehatan.

Perubahan Payudara

Ibu berbadan dua bakal alami perubahan pada payudara. Terkadang payudara Kalian bakal terasa membesar akibat kelenjar air susu yang semakin membesar.

Kelenjar air susu ini membesar serta menyimpan lemak selaku persiapan Kalian menyusui bayi pada saat lahir.

Perubahan Berat Badan

Ibu hamil bakal alami perubahan berat badan.

  • Trimester ke-1, berat tubuh Kalian bakal meningkat 1,5 kilogram sampai 2 kg
  • Trimester ke-2, berat tubuh Kalian bakal meningkat 4 kilogram sampai 6 kg
  • Trimester ke-3, berat tubuh Kalian bakal meningkat 6 kilogram sampai 8 kg
  • Total peningkatan berat tubuh selama berbadan dua yaitu sekitar 11,5 kilogram sampai 16 kg.

Selain itu kami juga merekomendasikan kalian untuk membaca “Perbedaan Perut Hamil dan Buncit” agar tidak bingung nantinya.

Jadi setelah mengetahui bentuk perut hamil 2 bulan saat duduk, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!

Terkait