Bagikan:

JAKARTA - Menjaga kuku cantik dan sehat tidak selalu membutuhkan perawatan salon yang mahal atau produk yang mengandung bahan kimia. Alam menawarkan berbagai solusi untuk menghasilkan kuku kuat dan indah. 

Berikut delapan solusi alami yang dapat Anda tambahkan ke dalam rutinitas perawatan kuku harian, dilansir dari Times of India, Jumat, 2 Februari.

Pola Makan Sehat

Pola makan seimbang yang kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi sangat penting untuk kuku yang kuat. Perbanyak makanan tinggi biotin (telur, kacang-kacangan, gandum), vitamin E (bayam, almon, dan biji bunga matahari), dan asam lemak omega-3 (lemak ikan dan minyak biji rami) guna mendukung kesehatan kuku.

Hidrasi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting, bukan hanya untuk tubuh tapi juga bagi kesehatan kuku. Cukupi kebutuhan air dengan minum minimal dua liter air perhari bisa cegah kuku kering dan rapuh. 

Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan pelembab alami yang bisa menguatkan dan menutrisi kulit. Yang Anda perlu lakukan hanyalah memijat kuku dan kultikula secara perlahan setiap malam menggunakan sedikit minyak kelapa. Lalu, rasakan hasilnya setelah beberapa minggu.

Air perasan lemon

Air perasan lemon juga dapat membantu mencerahkan dan memutihkan kulit. Campurkan air lemon dan minyak zaitun dengan komposisi sama . Lalu, rendam kuku Anda ke dalam larutan tersebut selama beberapa menit. Ini bisa bantu memperkuat kulit.

Minyak tea tree

Minyak tea tree punya manfaat antijamur yang bisa mencegah infeksi pada kuku. Campurkan beberapa tetes minyak tea tree dengan minyak tambahan seperti minyak kelapa dan aplikasikan pada kuku dan bagian kutikula.

Rendaman minyak zaitun

Merendam kuku dalam minyak zaitun hangat dapat membantu melembabkan dan menguatkannya. Biar manfaatnya makin terasa, Anda bisa tambahkan beberapa tetes jus lemon untuk nutrisi tambahan.

Suplemen Biotin 

Biotin, juga dikenal sebagai vitamin H, mendukung pertumbuhan dan kekuatan kuku. Konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum menambahkan suplemen apa pun ke dalam pola makan Anda tiap hari.

Bawang putih

Bawang putih mengandung selenium yang bermanfaat untuk kesehatan kuku. Hancurkan beberapa siung bawang putih dan campur dengan minyak tambahan. Oleskan campuran tersebut ke kuku Anda dan biarkan selama sekitar 10 menit sebelum dibilas.

Konsistensi adalah kunci ketika menggunakan bahan alami untuk perawatan kuku. Selain itu, berhati-hatilah jika Anda memiliki alergi atau kepekaan terhadap bahan tertentu. Jika Anda melihat adanya reaksi merugikan atau kondisi kuku yang memburuk, disarankan  berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau dokter kulit demi mendapatkan saran dan rekomendasi pribadi.