Agar Tak Mudah Rapuh, Begini Tips Merawat Kuku Sehat
Ilustrasi (Lisa Fotios/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat menunjang penampilan, khususnya bagi para kaum hawa. Memiliki kuku yang indah dan sehat tentu menjadi idaman setiap orang.

Namun seringkali Anda mengalami kuku yang rapuh dan mudah patah sebelum tingkat kepanjangan yang diinginkan. Layaknya bagian tubuh yang lain, kuku juga membutuhkan perawatan khusus untuk menjaganya agar tetap sehat.

Salah satunya adalah menggunakan bahan-bahan alami. Berikut adalah beberapa tips merawat kuku agar tetap sehat dan tidak mudah patah melansir HighEnd, Selasa, 25 Oktober.

Gunakan pelembab kuku

Tidak hanya tubuh dan wajah, kuku juga memerlukan pelembap untuk membuatnya tetap sehat dan tidak mudah kering. Pelembab dapat mengurangi timbulnya retak dan pecah-pecah pada kuku.

Kurangi Nail Art dan Pewarna Kuku

Meski indah dan terlihat sangat menarik, penggunaan nail art dan pewarna kuku berlebihan dan terus-menerus justru dapat membuat kuku semakin rapuh. Hal ini karena bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam cat kuku. Selain itu, penggunaan nail art juga dapat menghambat pertumbuhan kuku.

Gunakan bahan alami

Ada banyak bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk merawat dan menjaga kuku agar tetap sehat dan kuat. Salah satunya adalah minyak zaitun. Terkenal zat pelembapnya, minyak zaitun mampu melembapkan dan membantu pertumbuhan kuku.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan bahan alami lainnya seperti bawang putih jeruk nipis dan lidah buaya yang memiliki kandungan baik untuk membuat kuku Anda jauh lebih sehat, kuat, dan bersinar.

Gunakan penghapus cat kuku bebas aseton

Aseton merupakan zat yang biasa digunakan untuk menghilangkan kuteks. Namun, aseton memiliki kekurangan seperti bau menyengat dan menjadikan kuku kering. Anda bisa memilih penghapus kuteks bebas aseton yang memiliki kandungan menutrisi dan memperkuat kuku. Jika terpaksa menggunakan aseton, coba gunakan minyak zaitun atau losion pelembab untuk mencegah kuku jadi rapuh dan patah.