Bagikan:

YOGYAKARTA - Siapa sangka kalau kuku kita itu bisa loh jadi cerminan Kesehatan. Lah, kok bisa? Karena kali ini kita bakal membahas ‘tanda kuku tidak sehat’, simak sampai selesai, ya!

Keberadaan penyakit dapat dilihat dari keadaan kuku. Ikuti beberapa karakteristik kuku tidak sehat yang dapat jadi gejala penyakit.

Untuk sebagian orang, terutama perempuan, keelokan kuku penting buat mendukung penampilan. Sedangkan, tidak sedikit pula orang yang menyangka penampilan kuku tidak terlalu berarti buat diperhatikan.

Mereka cenderung cuek dengan keadaan kukunya. Apalagi, kuku jarang dibersihkan serta kesehatannya tidak terpelihara. Sementara itu, kesehatan kuku bisa jadi tanda-tanda terdapatnya penyakit ataupun keadaan medis tertentu yang dialami tubuh.

Tanda Kuku Tidak Sehat

Kuku yang tidak sehat menampilkan adanya permasalahan kesehatan ataupun perawatan yang kurang pas. Berikut beberapa karakteristik kuku yang tidak sehat beserta penjelasannya:

I. Kuku Kering, Pecah-pecah, serta Rapuh

Kuku pecah-pecah serta rapuh dapat diakibatkan oleh peradangan jamur. Tetapi, apabila kuku pecah-pecah serta juga alami kelainan bentuk, bisa jadi ini menunjukkan terdapatnya permasalahan pada badan. Misalnya, badan kekurangan gizi, terutama zat besi, mineral, serta protein, ataupun penyakit tiroid.

Tidak hanya itu, dilansir dari American Osteopathic College of Dermatology (AOCD), kuku rapuh dapat diakibatkan oleh beberapa aspek, yaitu:

  • Pertambahan usia, yang membuat kuku jadi kusam serta rapuh.
  • Sindrom Raynaud, yang ditandai dengan permasalahan sirkulasi pada ekstremitas, keadaan ini bisa pengaruhi kesehatan kuku.

II. Garis Hitam di Kuku

Garis hitam yang timbul pada kuku, bisa jadi tanda-tanda kalau kalian menderita penyakit melanoma. Melanoma ialah tipe kanker kulit yang terkategori agresif serta susah diobati. Melanoma tumbuh dari sel-sel yang menciptakan pigmen kulit yang disebut melanosit. Salah satu pemicu melanoma bisa dari paparan cahaya matahari berlebih.

Nah, seperti itu uraian mengenai ciri-ciri kuku yang tidak sehat beserta pemicu serta hubungannya dengan keadaan kesehatan kalian. Berarti buat diingat jika menjaga kesehatan kuku merupakan bagian berarti dari perawatan badan secara totalitas. Kuku yang sehat serta terpelihara bisa menolong melindungi kalian dari peradangan serta permasalahan yang lain dan melindungi penampilan yang baik.

III. Warna Kuku yang Berubah

Warna kuku yang berubah bisa jadi indikasi permasalahan. Warna kuku sehat yaitu merah muda, bening, serta berkilau. Jadi, pada saat kuku kalian berwarna selain itu, bisa jadi kesehatanmu lagi terganggu. Misalnya, kondisi kuku kebiruan yang ialah tanda kalian kekurangan oksigen.

Penyakit lain yang dilihat dari kuku biru, ialah paru-paru serta jantung. Setelah itu, kuku yang menguning bisa jadi ialah tanda peradangan jamur, psoriasis, permasalahan tiroid, gangguan hati ataupun liver, ataupun gangguan paru-paru.

IV. Kuku Berbintik-bintik

Contoh kuku yang tidak sehat pula dapat diisyarati dengan terdapatnya bercak-bercak ataupun noda pada kuku. Berikut beberapa kemungkinan penyebab bintik-bintik ataupun bercak pada kuku:

  • Psoriasis, ialah keadaan kulit kronis yang bisa pengaruhi kuku, menimbulkan perubahan warna, semacam bercak-bercak putih, kuning, ataupun oranye.
  • Leukonychia, ialah keadaan dimana ada bercak-bercak putih pada kuku. Bercak-bercak ini umumnya timbul akibat kerusakan ringan pada kuku, semacam trauma fisik ataupun tekanan pada kuku.
  • Keratosis Tinea (Tinea Unguium), infeksi jamur yang umumnya pengaruhi kuku di kaki, namun kadang-kadang pula timbul di kuku tangan. Kuku yang terinfeksi oleh tinea unguium dapat muncul dengan bercak-bercak putih ataupun kuning, serta kerapkali pula jadi tebal serta rapuh.

V. Pembengkakan di Sekitar Kuku

Pembengkakan kulit di sekitar kuku bisa terjadi sebab terdapatnya peradangan jaringan di sekitar kuku. Bisa karena peradangan bakteri yang masuk lewat luka kecil ataupun potongan kuku yang tidak rata; peradangan jamur yang pengaruhi jaringan di sekitar kuku serta buatnya meradang; trauma akibat luka kuku; sampai terdapatnya beberapa keadaan medis lain, semacam psoriasis ataupun dermatitis.

VI. Perubahan Bentuk Kuku

Kuku yang alami pergantian wujud ekstrem, bisa jadi tanda penyakit tertentu, semacam anemia ataupun penyakit jantung, loh. Ada beberapa tipe perubahan wujud kuku yang bisa terjadi, serta tiap jenis mempunyai pemicu yang berbeda. Berikut di antaranya:

  • Kuku Cekung (Curling ataupun Spooning), mempunyai wujud semacam sendok, dengan ujung yang melengkung ke atas serta tepi yang lebih rendah. Penyakit kuku ini dapat diakibatkan sebab kekurangan nutrisi, terutama zat besi, asam folat, anemia, ataupun psoriasis.
  • Kuku Cembung (Convex ataupun Pincer Nails), keadaan dimana kuku melengkung ke dalam, menghasilkan wujud yang mirip cincin ataupun klip. Kuku cembung dapat diakibatkan oleh bermacam aspek, tercantum tekanan kronis pada kuku, kelainan kuku bawaan, ataupun kendala kesehatan semacam psoriasis ataupun scleroderma.
  • Kuku Bergelombang (Rippled Nails), kuku bergelombang mempunyai permukaan yang bergelombang ataupun tidak rata. Biasanya, kuku bergelombang dapat jadi indikasi penyakit kulit, semacam eksim, psoriasis, ataupun keadaan medis yang lain.
  • Kuku Klub (Clubbing), keadaan dimana ujung jari serta kuku alami perubahan wujud yang mencolok. Ujung jari jadi membulat serta kuku nampak lebih tebal dan berkembang lebih cepat. Jika kalian alami keadaan kuku semacam ini, kalian butuh waspada. Sebab clubbing kerapkali merupakan indikasi penyakit serius, semacam gangguan paru-paru (semacam penyakit paru obstruktif kronis ataupun kanker paru), penyakit jantung, ataupun penyakit hati.

VII. Perubahan Pertumbuhan Kuku

Bila perkembangan kuku berganti jadi sangat lelet ataupun sangat cepat, ini dapat jadi ciri pergantian dalam kesehatan badan kalian. Perkembangan kuku yang sangat lelet, dapat terpaut dengan pergantian hormon ataupun kendala kesehatan. Kebalikannya, perkembangan kuku yang sangat cepat dapat diakibatkan oleh pergantian nutrisi ataupun penyakit semacam hipertiroidisme.

Selain itu ada beberapa risiko yang ditimbulkan dari: “Efek Sering Menggunakan Kuku Palsu”.

Jadi setelah mengetahui tanda kuku tidak sehat, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!