Bagikan:

YOGYAKARTA – Paus Fransiskus mengumkan jadwal Tahun Yubileum untuk umat Katolik di seluruh dunia. Ketika memimpin pembacaan bulla kepausan menyambut Hari Kenaikan Yesus Kristus di Basilika Santo Petrus, Vatikan Kamis, 9 Mei 2024, Paus Fransiskus bilang bahwa Tahun Yubileum akan dimulai pada Selasa, 24 Desember 2024 atau malam Natal dan berakhir pada Selasa 6 Januari 2026. Lantas, apa itu Tahun Yubileum?

Apa itu Tahun Yubileum?

Menyadur laman Catholic World Report, yang dimaksud dengan Tahun Yubileum adalah tahun suci rahmat dan ziarah khusus dalam gereja Katolik.

Normalnya, Tahun Yubileum digelar setiap 25 tahun sekali. Kendati demikian, Paus dapat menggelar Tahun Yubileum luar biasa, seperti pada Tahun Iman 2013 dan Tahun Kerahiman 2016.

Sejarah Tahun Yubileum dimulai pada 1470 ketika umat Katolik dipimpin oleh Paus Paulus II dan terakhir di selenggarakan pada tahun 2000.

Menukil laman Catholic Religious Australia, tema yang dipilih oleh Paus Fransiskus pada Tahun Yubileum 2025 adalah “Peziarah pengharapan”.

Fokus khusus dari tema tersebut yakni mendengarkan tangisan orang miskin, peduli ciptaan, dan solidaritas dengan semua saudara dan saudari kita.

Di Tahun Yubileum, peziarah Katolik dari berbagai negara diundang untuk melintasi empat Pintu Suci Vatikan di Basilika Santo Petrus, Santo Yohanes Leteran, Basilika Santo Paulus, dan Basilika Santa Maria Maggiore.

Tradisi yang dimulai Paus Bonifasius VIII pada tahun 1300 itu berangkat dari tradisi pengampunan utang dalam agama Yahudi.

Pembukaan Pintu Suci menggambarkan persembahan “jalan luar biasa” menuju keselamatan bagi umat Katolik di Tahun Yubileum. Pintu Suci adalah salah satu pintu masuk yang tertutup rapat dan ditemukan di Basilika Santo Petrus, Vatikan.

Persiapan Kota Roma untuk Menyambut Tahun Yubileum 2025

Untuk menyambut Tahun Yubileum 2025, Kota Roma, Italia sedang Bersiap meluncurkan sejumlah proyek infrastruktur demi memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi peziarah Katolik.

Pada tahun 2016, Vatikan mengatakan bahwa jumlah peziarah Katolik yang menghadiri Tahun Yubileum luar biasa mencapai 20,4 juta orang.

Pada Tahun Yubileum kali ini, jumlah peziarah yang datang diprediksi mencapai 34 juta orang.

Terkait hal ini, Pemerintah Kota Roma telah menganggarkan sekitar 2,5 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau Rp40,3 triliun. Dana tersebut digunakan untuk membiayai 87 proyek pekerjaan umum.

Meski begitu, alokasi anggaran tersebut diperkirakan akan membengkak hingga 4,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp69,3 triliun.

Beberapa fasilitas umum yang akan ditingkatkan antara lain fasilitas transportasi, kamar mandi umum, jalan raya, parkir bawah tanah, dan jalur pejalan kaki.

Tak hanya itu, Kota Roma juga akan melakukan pembersihan di area sekitar Stasiun Kereta Api Termini, Roma, Italia.

Demikian informasi tentang apa itu Tahun Yubileum. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.