Bagikan:

JAKARTA - Garam Epsom merupakan suplemen bermanfaat bagi tanaman yang bekerja baik meningkatkan warna bunga dan mendorong bunga mekar lebih sehat. Bahan alami ini mengandung magnesium dan sulfur, nutrisi penting pendukung pertumbuhan dan vitalitas tanaman. 

Ketika dilarutkan dalam air dan diaplikasikan ke tanah, larutannya membantu tanaman menyerap nutrisi lebih efisien. Sehingga menghasilkan bunga berwarna cerah dan kesehatan tanaman lebih baik. 

Berikut ini ulasan lebih lanjut terkait cara menggunakan garam Epsom untuk tanaman, seperti disadur dari The Spruce, Kamis, 16 Mei.

Apa itu Garam Epsom?

Garam Epsom atau magnesium sulfat sering digunakan untuk manfaat terapeutik dan rumah tangga. Ini bukan sejenis garam tetapi senyawa mineral alami yang terdiri dari magnesium, belerang, dan oksigen. Garam Epsom biasanya digunakan dalam berkebun guna meningkatkan kualitas tanah dan meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Mengapa Menggunakan Garam Epsom untuk Tanaman?

Menggunakan garam Epsom untuk tanaman menawarkan banyak manfaat. Fleksibilitas dan efektivitasnya menjadikan garam ini tambahan penting untuk banyak kegunaan taman. Garam Epsom membantu perkecambahan biji serta mendorong pertumbuhan tanaman lebih kuat.

Di antara banyak kegunaannya, garam Epsom juga meningkatkan pertumbuhan bunga, meningkatkan penyerapan nutrisi, serta mendorong pertumbuhan dedaunan lebih sehat. Selain itu juga berfungsi sebagai pengusir alami siput dan hama lainnya, juga melindungi tanaman dari kerusakan.

Waktu yang Tepat Menggunakan Garam Epsom?

Sangat penting mengetahui waktu tepat menggunakan garam Epsom pada tanaman. Salah satu tanda kekurangan unsur hara yaitu daun mulai menguning atau pertumbuhan tanaman melambat. Jika tanda-tanda ini mulai muncul pada tanaman, maka inilah saatnya mempertimbangkan menambah garam Epsom ke tanah.  Pun, melakukan uji tanah guna mengidentifikasi kekurangan apa saja sebelum menerapkan perubahan pada taman. Tes tanah berguna mengetahui tingkat pH dan konsentrasi nutrisi tanah. Sehingga memberi tahu Anda berapa banyak garam Epsom yang harus digunakan.

Memasukkan garam Epsom ke dalam campuran tanah dapat memberikan manfaat langsung bila diterapkan pada bibit yang baru ditanam. Menambahkan mineral yang membentuk garam Epsom mendukung pertumbuhan akar kuat dan membantu mencegah guncangan transplantasi. Menyiram bibit dengan larutan garam Epsom yang diencerkan dapat meningkatkan ketahanan dan pertumbuhan bibit.

Cara Menggunakan Garam Epsom pada Taman

Menggunakan garam Epsom secara efektif di kebun, encerkan satu hingga dua sendok makan garam ke dalam satu galon air sebelum menyiram tanaman. Jumlah pasti garam Epsom yang dibutuhkan mungkin berbeda tergantung pada kondisi jenis tanaman yang dirawat.

Larutan ini bisa diaplikasikan langsung ke tanah di sekitar pangkal tanaman atau disemprotkan ke dedaunannya.

Agar mendapatkan hasil terbaik, aplikasikan garam Epsom selama musim tanam untuk mendukung pertumbuhan yang sehat. Dengan mengikuti metode ini, Anda dapat memastikan tanaman menerima nutrisi yang diperlukan untuk menjaga tanaman tetap bahagia dan sehat sepanjang musim.

Sayuran

Dalam membantu tanaman sayuran tumbuh lebih baik, campurkan satu sendok makan garam Epsom dengan satu galon air dan tuangkan di sekitar pangkal tanaman setiap dua minggu selama musim tanam.

Tomat

Saat menanam tomat, tambahkan satu hingga dua sendok makan garam Epsom ke dalam tanah. Selama musim tanam, semprotkan daunnya dengan satu sendok makan garam Epsom per galon air setiap dua minggu agar tomat lebih sehat.

Mawar dan bunga Lainnya

Untuk bunga mawar dan bunga lainnya, campurkan satu sendok makan garam Epsom dengan satu galon air dan tuangkan di sekitar pangkal tanaman setiap dua minggu sekali agar mekar lebih indah.

Semak belukar

Untuk membantu semak tumbuh lebih kuat, campurkan satu sendok makan garam Epsom dengan satu galon air dan tuangkan di sekitar pangkal semak setiap dua hingga empat minggu selama musim tanam.

Tanaman hias

Agar tanaman hias Anda tetap sehat dan hijau, sirami tanaman sebulan sekali dengan campuran satu sendok makan garam Epsom per galon air.

Halaman rumput

Untuk membantu halaman rumput tetap hijau dan sehat, larutkan dua sendok makan garam Epsom ke dalam satu galon air dan semprotkan ke atasnya.

Pohon

Untuk mendorong pertumbuhan yang kuat dan sehat, taburkan satu sendok makan garam Epsom. Untuk setiap sembilan kaki persegi area akar di sekitar pohon setiap dua hingga empat minggu selama musim tanam.