Bagikan:

JAKARTA - Garam epsom, selain digunakan untuk tanaman dapat juga digunakan sebagai bahan alami pembersih rumah. Hal ini karena garam memiliki kemampuan abrasi yang menghilangkan kotoran dan noda serta sebagai penyerap kelembaban untuk menyerap bau tidak sedap.

Di bawah ini, pakar kebersihan rumah tangga akan berbagi berbagai cara menggunakan garam epsom untuk mempercantik hunian, dilansir dari The Spruce, Jumat, 27 Juni.

Mencuci panci dan wajan

Sabun cuci piring bukan satu-satunya alat yang bisa digunakan untuk mencuci. Garam epsom juga bisa membantu karena sifatnya yang abrasif, kata Logan Taylor, pemilik The Dazzle Cleaning Company.

Pertama, basahi wajan lalu masukkan beberapa tetes sabun cuci piring dan satu sendok makan garam epsom ke dalamnya sebelum menggosoknya dengan sisi spons yang kasar. Kata Taylor teknik ini sangat membantu ketika menangani bagian luar dan bawah panci.

“Pastikan untuk tidak menggosok bagian dalam panci anti lengket dengan garam Epsom karena garam Epsom terlalu abrasif untuk sebagian besar permukaan wajan anti lengket,” kata Taylor.

Membersihkan kotoran mesin cuci

Dalam mesin cuci terdapat kotoran-kotoran yang menumpuk. Dan garam epsom bisa Anda gunakan untuk membersihkan. Cukup tambahkan secangkir garam epsom ke mesin cuci. Biarkan mesin terisi air lalu tambahkan secangkir cuka putih. 

“Jika Anda memiliki mesin cuci bukaan depan, masukkan satu cangkir garam epsom ke dalam mesin cuci dan masukkan satu cangkir cuka putih ke dalam corong deterjen,” kata Taylor.

Membersihkan mug

Jika mug yang dipakai sehari-hari mulai menunjukkan bercak kuning akibat noda kopi dan teh, garam epsom dapat membuatnya tampak seperti baru.

Jess Farinha, pendiri London House Cleaners, menyarankan untuk menambahkan pasta garam epsom dan air ke noda pada gelas dan menggosoknya dengan lembut. Kemudian, bilas hingga bersih sehingga mug kembali berkilau bersih.

Membersihkan kamar mandi

Garam epsom sangat berguna membersihkan seluruh ruangan dalam rumah, termasuk kamar mandi. Erin Zanelli, salah satu pemilik Layanan Pembersihan Ramah Lingkungan Rumah Tenang, merekomendasikan untuk mencampurkan garam epsom dan sabun cuci piring cair dengan perbandingan yang sama untuk membuat scrub ramah lingkungan yang sempurna untuk ubin dan permukaan bak mandi.

“Teksturnya yang abrasif membantu menghilangkan kotoran dan sisa sabun dengan mudah,” kata Zanelli.

Menghilangkan bau tak sedap dari tempat sampah

Jika bau tidak sedap masih tertinggal di tempat sampah bahkan setelah Anda mengeluarkan kantongnya, cobalah trik ini. Yaitu dengan meletakkan garam Epsom di dasar tempat sampah. Garam akan membantu menyerap kelembapan dan menetralkan bau tidak sedap, kata Farinha.

Menghilangkan bau yang menempel pada talenan

Talenan kayu yang Anda gunakan setiap hari juga dapat menahan bau, dan tentu saja garam epsom dapat membantu.

“Setelah menggunakan talenan, taburkan garam Epsom di atasnya dan gosok dengan lemon—setelah itu, bilas hingga bersih,” kata Farinha. "Ini melawan bau bawang merah dan bawang putih yang tersisa."

Menyegarkan tampilan peralatan stainless steel

Bahkan peralatan yang terbuat dari stainless steel juga dapat menunjukkan tanda keausan seiring berjalannya waktu.  Untuk mengatasinya, ambil garam Epsom dan kombinasikan dengan minyak zaitun untuk membuat semacam pasta, saran Farinha, lalu oleskan ke lemari es agar terlihat bebas goresan.

“Gosok ini dengan kain mikrofiber untuk hasil akhir yang halus dan tahan sidik jari,” katanya.

Jika dapur dilengkapi perangkat keras krom, Anda mungkin ingin memberikan kilau ekstra juga. Sekali lagi, kata Farinha, Anda sebaiknya mengambil kain mikrofiber tersebut dan membasahinya dengan sedikit garam Epsom—hal ini akan membantu menghilangkan noda dan bercak air.