6 Bahan Alami dari Dapur yang Bisa Menyuburkan Tanaman Anggrek
Ilustrasi bahan alami dari dapur yang menyuburkan tanaman anggrek (Freepik/wirestock)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak produk pupuk kimia yang menawarkan kesuburan tanaman anggrek. Namun apabila Anda memiliki preferensi untuk memakai pupuk kimia serta memanfaatkan bahan alami dari dapur untuk tanaman anggrek rajin berbunga dan daunnya bertahan lama, bisa memakai referensi berikut. Lebih menyenangkan lagi, pupuk alami kerap dipakai tukang kebun sehingga efek baiknya tak diragukan lagi. Tertarik memberi nutrisi tanaman hias berbunga cantik tersebut, berikut bahan-bahannya.

1. Cangkang telur

Sudah jadi rahasia umum kalau cangkang telur bisa menyuburkan tanaman. Kalau Anda memakai telurnya untuk hidangan keluarga, jangan buang cangkangnya. Anda bisa meremukkan cangkang telur dan menaburkan pada bunga anggrek. Selain itu, Anda bisa merebus cangkang telur dan mendinginkan air rebusan tersebut. Setelah dingin, air tersebut bisa dimasukkan dalam botol semprot dan semprotkan rutin di media tanam tanaman anggrek.

bahan alami dari dapur yang menyuburkan tanaman anggrek
Ilustrasi bahan alami dari dapur yang menyuburkan tanaman anggrek (Freepik/ArthurHidden)

2. Garam Epsom

Tanaman anggrek membutuhkan magnesium untuk akar sehat dan lebih kuat. Anda bisa memberikan satu sendok teh garam Epsom yang dilarutkan air kemudian dijadikan pupuk secara rutin. Melansir Napa Valley Orchid Society, Selasa, 12 September, tidak banyak penelitian kenapa garam Epsom ampuh untuk pupuk tanaman anggrek. Tetapi formula dalam jenis garam ini dianggap mencukupi kebutuhan unsur mikro dan makro. Sehingga garam ini membantu proses pembungaan pada bunga anggrek.

3. Susu atau buttermilk

Baik susu maupun buttermilk merupakan sumber nitrogen yang kaya kandungan proteinnya. Di samping itu, susu dan buttermilk juga bisa kerap jadi stok minuman di dapur. Alih-alih menggunakan susu sebagai pupuk, karton susu yang kosong harus diisi dengan air dan diaduk-aduk, sehingga ampas susu akan berpindah ke dalam air. Air susunya kemudian bisa digunakan untuk menyiram anggrek.

4. Gula tetes atau molase

Gula tetes atau molase adalah produk sisa dari gula pasir. Satu sendok gula tetes harus dicampur dengan satu atau dua gelas air untuk menyiram tanaman anggrek. Penting diketahui, molase kaya akan potassium yang membuat tanaman anggrek subur.

bahan alami dari dapur yang menyuburkan tanaman anggrek
Ilustrasi bahan alami dari dapur yang menyuburkan tanaman anggrek (Freepik)

5. Kentang

Kalium dan sejumlah kecil fosfor terkandung dalam kentang. Kedua nutrisi ini diperlukan untuk kesehatan, pembungaan, dan pertumbuhan tanaman anggrek. Kentang yang belum dikupas, bisa dipotong kecil-kecil dan direbus hingga matang. Airnya didinginkan dan bisa disiramkan pada kulit kayu di dalam pot agar tanaman anggrek mendapatkan kalium dan fosfor.

Sebagai alternatif, bisa mencampurkan potongan kecil kentang yang belum dikupas dengan potongan kecil pisang lalu direbus selama beberapa menit. Tunggu airnya dingin hingga suhu kamar, kemudian bisa menyiramkan airnya pada media tanam tanaman anggrek. Untuk menambahkan magnesium, bisa ditambahkan dengan garam Epsom.

6. Air beras

Air yang digunakan untuk merebus nasi kaya akan folat, niasin, riboflavin, dan thiamin. Nutrisi ini penting untuk kesehatan pertumbuhan tanaman anggrek. Kalau Anda memakai beras merah, akan lebih baik. Cara membuatnya, air sisa setelah nasi matang harus diidinginkan lalu digunakan untuk menyiram anggrek.

Di samping enak bahan dari dapur untuk menyuburkan tanaman anggrek di atas, Anda juga bisa menyisikan sisa seduhan teh. Ini mengandung nitrogen tinggi dan bisa jadi alternatif menyuburkan tanaman anggrek kesayangan.