7 Jenis Anggrek yang Mudah Dirawat dan Diletakkan di Dalam Ruangan, Tertarik Pelihara?
Ilustrasi anggrek yang mudah dirawat (Freepik/ Wirestock)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tanaman anggrek terdapat dua jenis, yaitu anggrek darat dan anggrek epifit. Anggrek darat bisa hidup tanpa ‘menumpang’ tumbuhan lain atau bisa hidup di tanah. Sedangkan anggrek epifit, berakar daging dan tumbuh menumpang pada tumbuhan lain. Jenis anggrek tertentu termasuk anggrek yang mudah dirawat meski diletakkan di dalam ruangan. Apa saja jenis bunga anggrek tersebut? Ini daftarnya.

1. Anggrek ngengat atau Phalaenopsis

Jenis anggrek pertama yang mudah dirawat di dalam ruangan, adalah anggrek phalaenopsis yang paling gampang didapatkan di toko bunga. Tanaman jenis ini cukup populer dengan warna bunga yang indah dengan berbagai warna. Warna bunganya, antara lain, putih, merah muda, ungu, hijau, kuning, merah, dan oranye. Anda bisa memilih warna bunganya sesuai dengan warna mayoritas dekorasi di dalam ruangan Anda.

anggrek yang mudah dirawat
Ilustrasi anggrek yang mudah dirawat (Freepik/ArthurHidden)

2. Anggrek cattleya

Bunga anggrek cattleya, biasa untuk bunga potong. Tetapi selain itu, tanaman ini juga bagus untuk menghias ruangan. Aroma bungnaya harum semerbak dan ukurannya cukup besar. Paling menyenangkan lagi, jenis anggrek ini berbunga selama berminggu-minggu apalagi jika terpapar matahari tak langsung.

3. Anggrek dendrobium

Jenis anggrek yang mudah dirawat selanjutnya ini, mudah sekali tumbuh. Bunga tanaman anggrek dendrobium tahan lama dan tersedia berbagai warna. Tertarik memelihara tanaman anggrek jenis ini untuk menghias ruangan Anda?

4. Anggrek cymbidium

Tanaman hias di dalam ruangan, kerap membuat geram. Karena sulitnya perawatan dan lagi sebentar-sebentar layu kemudian mengering. Berbeda dengan jenis anggrek cymbidium, yang sangat populer untuk tanaman hias dalam ruangan. Pada awal musim semi atau musim dingin, melansir Orchid Bliss, Selasa, 1 November, anggrek ini akan mekar dan tahan lama.

anggrek yang mudah dirawat
Ilustrasi anggrek dendrobium, yang mudah dirawat di dalam ruangan (Freepik/vwalakte)

5. Anggrek oncidium atau Dancing Lady

Kalau merawat anggrek cantik ini, perawatan yang diperlukan sangatlah rendah. Tetapi sayang, ukuran bunganya kecil-kecil. Hal menyenangkan merawat bunga anggrek jenis ini di dalam ruangan, adalah warnyanya yang membuat bersemangat. Varian warna jenis anggrek Dancing Lady, antara lain, kuning, oranye, merah, putih, merah muda, dan ungu.

6. Anggrek paphiopedilum

Berbeda dengan jenis anggrek sebelumnya yang disebutkan di atas. Jenis paphiodelum punya daun yang ukurannya beragam. Ukuran bunganya besar, mirip seperti bunga teropet dan dua kelopak serta sepal. Bagusnya, jenis bunga anggrek ini mudah dirawat termasuk diletakkan di dalam ruangan.

7. Anggrek nodosa atau Lady of the Night

Seperti namanya, bunga dari tanaman anggrek ini berbentuk elegan dan memendarkan aroma yang menyenangkan. Terutama, bunga ini akan berbau cukup terang ketika malam hari. Selain perawatannya mudah, jenis anggrek ini harganya terjangkau.

Dari ketujuh jenis anggrek yang mudah dirawat di atas, mana yang menarik untuk menghias ruangan Anda?