Fakta Menarik Tentang Anggrek, Ada yang Anda Tahu?
Ilustrasi Bunga Anggrek (Timo C Danger/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Anggrek adalah salah satu tanaman hias luar rumah paling populer di seluruh dunia. Tanaman ini mudah dirawat dan punya rupa cantik. Tahukah Anda bahwa mereka juga merupakan keluarga tanaman berbunga terbesar di dunia? Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang tanaman populer ini.

  1. Anggrek adalah salah satu famili tertua dari tanaman berbunga. Varietas anggrek telah ditemukan di seluruh dunia. Ini membuat para ahli percaya bahwa anggrek telah ada sejak sebelum benua terpisah.
  2. Anggrek adalah famili terbesar tanaman berbunga. Dengan lebih dari 25.000 spesies, ada lebih banyak anggrek di planet ini daripada mamalia dan burung.
  3. Anggrek terkecil memiliki ukuran setengah sentimeter sedangkan anggrek terbesar punya ukuran 3 meter dengan berat lebih dari satu ton.
  4. Bunga anggrek memiliki bentuk simetris. Setiap bunga dapat dibagi sempurna menjadi dua, dengan dua bagian yang sama.
  5. Biji vanili berasal dari spesies Anggrek. Anggrek Vanilla adalah satu-satunya tanaman Anggrek yang ditanam dan dipanen secara komersial.
  6. Anggrek membutuhkan waktu sekitar 5-7 tahun untuk mekar setelah bertunas. Jika Anda menanam anggrek, tanaman ini akan mudah tumbuh dan dapat mekar kembali beberapa kali dalam setahun.
  7. Anggrek dewasa tumbuh terbalik. Bunganya sangat lebat sehingga tanaman akhirnya tumbuh terbalik.
  8. Anggrek memiliki biji terkecil di dunia. Satu polong biji dapat memiliki hingga tiga juta biji di dalamnya! Bijinya sangat kecil sehingga hanya dapat dilihat dengan bantuan  mikroskop.
  9. Anggrek punya umur yang sangat panjang. Satu bunga anggrek dapat hidup 100 tahun.
  10. Beberapa anggrek mekar hanya dalam beberapa jam, yang lain selama berbulan-bulan. Tergantung pada spesiesnya.

Jadi, setelah mengetahui fakta-fakta unik tentang anggrek, apa Anda makin tertarik untuk memiliki bunga yang satu ini?