Cantik dan Mudah Dirawat, Ini Rekomendasi 10 Jenis Tanaman Hias untuk Pemula
Ilustrasi rekomendasi tanaman hias untuk pemula (Unsplash/Prudence Earl)

Bagikan:

JAKARTA – Selama pandemi, memiliki hobi merawat tanaman dan mengembangkan hobi tersebut jadi alternatif penghilang stres. Bagi Anda yang ingin memulai hobi bertanam dan mengoleksi tanaman hias, baik tanaman daun maupun yang berbunga, tak perlu bingung soal tanaman apa saja yang gampang perawatannya. 

Berikut, rekomendasi tanaman hias dari yang paling mudah perawatannya hingga yang paling populer karena kecantikannya. 

1. Sirih gading

Tanaman hias paling mudah ditanam adalah sirih gading. Tanaman ini bisa ditanam dalam air atau tidak menggunakan tanah sebagai media tanam. Tanaman dengan nama botani Epipremnum aureum juga populer dikenal dengan sebutan Devil’s ivy. Tanaman merambat berdaun kecil berbentuk seperti ikon cinta ini sering ditanam di dalam rumah karena bermanfaat membersihkan udara.

tanaman hias paling populer
Ilustrasi tanaman hias palign dicari (Unsplash/Sandra Martins)

2. Peperomia watermelon

Peperomia merupakan tanaman yang bisa dirawat oleh pemula. Tanaman ini memiliki banyak spesies, antara lain peperomia Columbian, peperomia watermelon, peperomia ripple, dan peperomia rainbow. Peperomia watermelon memiliki nama botani Peperomia Argyreia dengan corak daun seperti kulit semangka.

3. Miana

Berwarna manis, merah keunguan, miana dikenal dengan banyak nama di Nusantara. Seperti daun iler, adong-adong, mayana, serewung, dan ati-ati. Tetapi secara botani memiliki nama Coleus atropurpureus yang merupakan tanaman tumbuh bersemak dan bermanfaat menyembuhkan beberapa penyakit, seperti wasir, bisu, radang telinga, dan menstruasi tak teratur.

4. Monstera varigata

Corak tanaman hias varigata banyak peminatnya. Tidak hanya bagi pemula dan orang yang hobi menghabiskan waktu merawat tanaman, tetapi monstera varigata, misalnya, dirawat sebagai investasi karena harganya bisa meroket.

tanaman hias paling populer
Ilustrasi tanaman hias paling populer 2021 (Unsplash/Huy Phan)

5. Wijaya kusuma

Tanaman bunga yang populer karena keanggunannya. Tanaman bunga ini yang dekat dengan narasi mitologi di masyarakat yaitu wijaya kusuma. Bunga ini hanya mekar di jam-jam tertentu sekitar tengah malam sehingga membangkitkan imaji ‘mistis’ dan disebut pula sebagai Queen of the Night.

6. Bunga krokot

Karena dianggap tanaman liar, bunga krokot sering tak dirawat hanya dibiarkan saja berbunga mengikuti proses alam meski indah. Bentuk bunga krokot mirip dengan bunga mawar tetapi ukurannya kecil. Ketika ditanam dalam satu pot dan berbunga akan terlihat cantik sekali maka tak heran jika tanaman ini banyak menghias taman depan rumah.

7. Aglonema

Tanaman daun aglonema di Indonesia populer disebut dengan sri rejeki yang memiliki banyak variasi motif dan warna. Tanaman ini, ternyata tahan cuaca ekstrim serta hanya perlu disiram ketika media tanahnya mengering.

8. Anggrek

Banyak pecinta tanaman yang telaten merawat bunga anggrek. Bunga ini ada yang bersifat epifit, ada juga yang bisa ditanam di tanah. Anggrek bisa tumbuh di batu arang, serutan kayu, maupun batang yang sudah mati. Spesies bunga anggrek banyak sekali yang dikenali lewat bentuk bunga dan warnanya.

9. Geranium

Tanaman geranium terdapat 300 spesies lebih yang tumbuh bersemak serta memiliki habitat asli di Afrika Selatan. Anda tertarik merawat geranium berwarna apa? Putih, merah muda, ungu, dan merah. Di Indonesia, geranium juga dikenal denga tapak dara yang diolah menjadi minyak esensial atau tanaman pengusir nyamuk.

10. Celosia

Bentuk bunga celosia bermacam-macam, mulai dari plum, pagoda, dan cristata. Warna bunganya pun tak hanya merah muda, tetapi ada juga oranye, warna ungu gradasi, merah, dan kuning.

Tanaman bunga celosia ini masuk dalam famili Amaranth atau dikenal dengan bayam-bayaman. Dikenal juga dengan bunga jengger ayam karena bentuk bunganya menyerupai jengger ayam.