Agar Tumbuh Subur, Begini Cara yang Benar Menanam Bunga Krokot
Ilustrasi (Tawhidur R/Unsplash)

Bagikan:

Bagi pecinta bunga dan dunia tanaman, pasti sudah tahu bunga krokot, ‘kan? Sebenarnya, bunga ini sudah sering muncul di berbagai halaman dan pekarangan. Warna-warni indah dari bunga krokot juga sering mencuri perhatian. Hanya saja, bunga yang cantik dan menawan kerap dianggap sebagai tanaman liar.

Agar bisa tumbuh subur dan cantik, begini cara yang tepat menanam bunga krokot.

Cara Mulai Menanam Bunga Krokot

Tanam bibit bunga krokot di media tanah yang gembur atau humus dan tidak terlalu basah. Bunga krokot cenderung akan sulit hidup di tanah yang terlalu padat dan sulit diairi. Untuk peletakan bibitnya, sebarkan dengan jarak sekitar 10-15 cm dan tidak perlu terlalu dalam agar bisa terkena sinar matahari. Selanjutnya, letakkan pot di area yang terkena sinar matahari secara intens. 

Penyiraman Teratur

Walaupun bunga krokot jenisnya cukup tahan kering, tetap ingat untuk menyiramnya secara teratur dalam beberapa minggu pertama sejak pembibitan. Selain itu, karena akar bunga krokot tergolong pendek, maka dibutuhkan perhatian ekstra pada awalnya. Siram bunga krokot secara rutin antara 3-5 hari sekali. 

Setelah benih bunga krokot mulai tumbuh, maka penyiraman bisa dikurangi untuk menghindari pembusukan pada akar. Jangan khawatir, ingat saja karakter tanaman bunga ini tergolong tahan kering. Jika sudah berhasil tumbuh, semprot dengan air secukupnya untuk perawatan harian. 

Pemupukan yang Minim Saja

Bunga krokot termasuk unik karena tidak butuh ekstra pupuk untuk tumbuh subur. Bahkan, beberapa ahli menyarankan agar mengurangi pemberian pupuk karena justru bisa menghambat pertumbuhan bunga krokot. Jadi, idealnya bunga yang menawan ini hanya diberi sedikit pupuk pada bagian akarnya dengan butiran pupuk organik. 

Usahakan Area Terpisah

Nah, karena sifat akarnya yang pendek, bunga krokot tidak akan mampu bersaing dengan bunga atau tanaman lainnya. Jika ingin budidaya bunga krokot berhasil, hindari menanam di area yang sama dengan bunga lainnya. Bersihkan juga area media tanam dari tanaman liar atau gulma supaya penyerapan nutrisi bunga krokot makin sempurna. 

Gunakan Pot atau Kotak Terpisah

Bunga krokot sangat ideal dibudidayakan dalam pot atau wadah khusus. Dengan demikian, kedalaman tanah bisa diatur dan hasil pertumbuhannya bisa maksimal dengan bunga-bunga yang indah. Baik dengan pot gantung, pot dinding, atau pot biasa, bunga krokot bisa terlihat sangat indah dan membuat suasana taman rumah asri seketika. 

Jangan lupa juga untuk terus mengawasi pertumbuhan bunga krokot secara telaten! Jika dibutuhkan, semprot insektisida dan pastikan tidak ada gulma yang tumbuh, serta bebas dari serangan bakteri dan jamur. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk memiliki bunga krokot yang tumbuh indah, ya!