Cocok untuk Daerah Tropis, Ini 7 Daftar Tanaman yang Tumbuh Subur di Bawah Sinar Matahari
Ilustrasi (Roman Kaiuk/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tanaman hias menjadi dekorasi tambahan yang bisa mencerahkan tampilan rumah. Anda bisa menanam tanaman hias di area teras maupun dalam rumah seperti dapur dan ruang keluarga. 

Jika beberapa jenis tanaman tumbuh dengan baik ditempat lembab dan gelap, berbeda dengan beberapa tanaman ini. Tanaman Hias ini justru membutuhkan sinar matahari penuh untuk tumbuh subur.

Melansir Southern Living, Kamis, 6 Oktober, jika rumah Anda memiliki ruangan yang terang dan banyak mendapatkan sinar matahari, Anda bisa mempertimbangkan untuk menanam beberapa tanaman berikut ini.

Krisan

Bunga krisan tumbuh berumpun namun Anda bisa mengambil beberapa untuk dikembangbiakkan di pot. Bunga krisan cocok ditanam saat musim gugur atau musim semi. Tinggi bunga ini bisa mencapai 60 hingga 30cm. Punyai rupa mirip seperti bunga aster, bunga krisan terdiri dari beberapa warna seperti putih, kuning, merah, pink, dan oranye. 

Lily

Bunga lily adalah bunga cantik yang tumbuh subur di bawah sinar matahari. Memiliki bunga yang besar, bunga lily bisa Anda temukan dalam ragam warna. Bunga ini juga termasuk salah satu tanaman yang mudah dirawat karena umumnya bebas hama dan penyakit. 

Euphorbia

Kebanyakan tanaman euphorbia yang mekar menyukai matahari dan membutuhkan enam jam atau lebih untuk berkembang. Tanaman yang kuat ini memiliki bentuk, daun, serta bentuk bunga yang berbeda. Struktur bunga yang unik membuat spesies ini sangat disukai pencinta tanaman hias.

Geranium

Tanaman cantik yang menyukai sinar matahari ini membutuhkan cahaya terang agar bunganya bisa berkembang. Di area yang lebih teduh, tanaman geranium tidak akan tumbuh lebat tapi justru memanjang ke atas. Geranium bisa tumbuh dengan baik di pot gantung, halaman rumah, atau pot kecil, tergantung dari jenisnya.Warna bunga bisa beragam mulai dari ungu hingga oranye. Bahkan, ada juga spesies yang memiliki dua jenis warna dalam satu bunga.

Kembang Sepatu

Berasal dari lingkungan yang hangat, subtropis, dan tropis, kembang sepatu menjadi bunga sempurna yang menyukai sinar matahari. Bunga ini tumbuh dengan baik dalam pot asalkan memiliki tanah yang dikeringkan dengan baik tetapi juga membutuhkan banyak air pada tahap awal mekarnya. Pupuk lepas lambat membantu memastikan tanaman ini mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan.

Marigold

Marigold adalah tanaman yang dapat menyerap sinar matahari dengan baik. Hewan rusa dan kelinci tidak menyukai aroma bunga marigold. Bunga marigold relatif tahan kering dan mekar dalam berbagai warna seperti emas, oranye, kuning, dan putih. Biasanya bunga ini tumbuh secara musiman, namun ada juga spesies yang tumbuh setiap saat.

Bunga Matahari

Sama seperti namanya, bunga matahari, menyukai sinar matahari penuh. Bunga satu ini membutuhkan setidaknya enam jam sinar matahari langsung setiap hari untuk membuat bunga kuning yang besar. Tanaman kokoh ini mudah beradaptasi dan mekar di musim panas dan gugur.