Bantu Bersihkan Udara di Dapur, Letakkan 7 Jenis Tanaman Hias <i>Indoor</i> Ini
Ilustrasi tanaman hias dapur (Unsplash/Tina Dawson)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Meletakkan tanaman hias di rumah, bisa mendapatkan tiga manfaat. Pertama, tanaman jenis tertentu bisa membantu menjernihkan udara dalam ruangan. Selanjutnya, tanaman dengan motif dan tekstur daun yang unik, bisa memberikan sentuhan keindahan. Terakhir dapat memberikan efek segar secara psikologis.

Dapur merupakan ruangan yang paling aktif, pasalnya mengolah dan menyiapkan hidangan setiap harinya dilakukan di dapur. Dapur sendiri memiliki kondisi cahaya, kelembapan, dan suhu yang unik. Melansir The Spruce, Rabu, 6 April, berikut daftar tanaman hias indoor yang bisa tumbuh subur di dapur.

1. Pothos

Tanaman hias dengan nama botani Epipremnum aureum, dikenal dengan pothos, perawatannya sangat mudah. Mereka bisa beradaptasi dengan baik dalam berbagai kondisi cahaya. Mereka juga toleran dengan udara kering. Biar cantik, Anda bisa meletakkannya di pot gantung. Taruh di tempat yang paling jauh dari peralatan elektronik di dapur supaya tidak menguning terpapar sumber panas.

2. Philodendron

Motif yang cantik dari philodendron membantu Anda merasa lebih ceria. Bisa diletakkan di dapur dengan keranjang gantung. Daya tahan hidupnya mirip dengan pothos, tanaman ini terkenal sebagai pembersih udara yang andal.

tanaman hias dapur
Ilustrasi tanaman hias dapur (Unsplash/Al Kawasa)

 

3. Tanaman herba

Tanaman yang disebut dengan herba ialah mereka yang bisa benar-benar bermanfaat, tidak hanya secara visual tetapi secara khasiat yang terkandung pada daunnya. Tanaman herba yang tidak manja antara lain daun mint, rosemary, basil, oregano, kucai, dan ketumbar.

4. Sukulen

Siapa yang tak bahagia merawat tanaman ini, sebab bentuk cantiknya tak membutuhkan banyak perawatan. Sukulen merupakan tanaman yang menyimpan air dalam berbagai struktur pada daun dan batang, membuat tanaman ini tak perlu sering disiram dan umumnya rendah perawatannya. Spesies sukulen yang memiiki bentuk menakjubkan antara lain echeveria, haworthia, crassula, kalanchoe, dan sedum.

5. Chlorophytum

Seperti laba-laba menebarkan jaring, tanaman ini dikenal populer dengan tumbuhan laba-laba. Cabangnya seperti jaring, bila mereka bahagia maka akan berbunga. Hindari meletakkan tanaman laba-laba dalam cahaya langsung karena akan menyebabkan daun terbakar.

6. Sansevieria

Dikenal akrab dengan tanaman lidah mertua, sansevieria adalah salah satu tanaman hias yang mampu membersihkan udara dalam ruangan. Mereka memiliki berbagai motif dan warna. Ketika merawatnya, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik meski dengan kondisi cahaya rendah.

7. Pohon karet

Pohon karet atau Ficus elastic merupakan pilihan tepat untuk menghias dapur Anda. Tanaman ini bisa tumbuh secara penuh seperti habitat aslinya meski diletakkan di dalam ruangan Anda. Saat diletakkan di dalam ruangan, lakukan pemangkasan teratur untuk menjaga ukuran dan bentuk tetap terkendali.

Dari ketujuh rekomendasi tanaman indoor di atas, mana yang sekiranya paling cantik menghias dapur Anda?