Bagikan:

YOGYAKARTA – Meletakkan tanaman dalam ruangan, tidak sekedar dekorasi saja. Tetapi menurut penelitian, dapat membantu menyegarkan pikiran dan bermanfaat untuk tubuh fisik. Nah, tanaman hias bukan tidak mungkin menghias rumah mungil. Berikut referensi tanaman hias kecil dalam ruangan untuk mempercantik rumah mungil.

1. Tanaman ZZ

Zamioculcas zamiifolia adalah kepanjangan dari singkatan tanaman “ZZ”. Tanaman hias kecil ini mampu bertahan meski hanya disiram sekali atau dua kali sebulan. Artinya, tanaman ini tahan ‘cobaan’. Mereka juga bisa hidup dalam cahaya redup dan bisa membantu membersihkan udara.

2. Sansevieria dracaena

Variasi sansevieria jenis dracaena dikenal pula dengan tanaman ular karena motifnya seperti kulit ular. Tanaman ini bisa tumbuh sesuai dengan pot atau media tanamnya. Tetapi tetap penting repotting dan memotong anak tunasnya lalu memindahkan ke pot baru. Tanaman hias kecil yang satu ini, bisa tumbuh subur dalam berbagai kondisi cahaya dan pembersih udara paling efisien.

tanaman hias kecil dalam ruangan
Ilustrasi tanaman hias kecil dalam ruangan (Pexel/Dúơng Nhân)

3. Pothos

Tanaman hias kecil yang tumbuh berantai ini, disebut pothos. Paling cantik menghias rumah mungil, adalah golden pothos karena variasi warna hijau dan kuningnya yang cantik menyegarkan.

4. Lidah buaya

Tanaman dengan perawatan rendah ini, juga merupakan penyembuh. Gelnya bersifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Letakkan tanaman lidah buaya di tempat yang cerah dan Anda sudah selesai merawatnya. Lidah buaya juga akan dengan senang hati terus memurnikan udara di sekitar Anda.

5. Dracaena

Sedikit berbeda dengan dracaena yang telah dijelaskan di atas. Sebab banyak sekali varietas tanaman sansevieria, sehingga Anda bisa memilihnya. Bisa juga mengoleksi berbagai varietasnya yang tidak hanya dekorasi cantik tetapi juga membersihkan udara. Dracaena beradaptasi dengna baik terhadap perubahan suhu dibandingkan tanaman hias dalam ruangan lainnya. Tanaman ini juga membutuhkan sedikit air dan bisa bertahan bertahun-tahun dalam cahaya redup.

tanaman hias kecil dalam ruangan
Ilustrasi tanaman hias kecil dalam ruangan (Pexel/Anil Sharma)

6. Money tree

Nama biologinya adalah Kastanye Guyana, atau dikenal dengan money tree. Tanaman hias kecil ini menyukai tanah yang lembap. Jadi kalau memeliharanya untuk hiasan rumah mungil, pastikan tanaman selalu disiram rutin tetapi jangan sampai terlalu basah karena akan membuat akarnya busuk.

7. Tanaman giok

Seringnya tanaman ini disebut jade plant, termasuk sukulen. Banyak sekali miniature dekoratif dari jenis tanaman ini. Mulai dari berbentuk daun lonjong, dengan batang kayu yang tebal, atau mungil kecil nan cantik. Penting dicatat, tanaman giok suka tempat cerah, seperti di depan jendela.

8. Nerve plant

Motifnya memang seperti saraf, sehingga dikenal dengan sebutan nerve plant. Tetapi tanaman hias kecil untuk hiasan dalam ruangan ini, bernama fittonia albivenis yang perawatannya cukup mudah. Tanaman ini berasal dari Peru, kombinasi warna hijau dengan urat merah atau putih membentuk motif abstrak yang bisa hidup di alam liar. Tanaman ini juga memiliki warna yang mencolok.

tanaman hias kecil dalam ruangan
Ilustrasi tanaman hias kecil dalam ruangan (Pexel/Koi San)

9. Pakis Boston

Pakis boston membutuhkan pengecekan secara rutin karena media tanam yang lembap membuat tanaman ini enggan tumbuh indah. Paling baik, letakkan tanaman ini di kamar mandi. Mereka bisa mentolerir cahaya redup tetap akan lebih subur bila terkena sinar matahari tak langsung. Tanaman ini juga tidak beracun bagi anabul di rumah.

10. Alocasia beludru hitam

Alocasia dengan daun beludru hitam ini, berukuran lebih kecil daripada varietas lainnya. Daunnya indah, berwarna kehitaman dan berukuran kecil berhias urat keperakan. Tanaman hias kecil ini bisa jadi pilihan Anda menghias rumah mungil. Namun mereka membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan tanaman hias sebelumnya di atas.