5 Tanaman Hias yang Bisa Bertahan Hidup di Dapur Rumah
Ilustrasi (Polina Tankilevitch/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Menambahkan tanaman hias ke dapur akan menyegarkan ruangan dan juga memiliki kegunaan praktis. Tanaman yang tepat dapat membantu menjernihkan udara, menambah percikan warna, bahkan menghasilkan produk segar sepanjang tahun.

Ingatlah bahwa tidak semua tanaman akan tumbuh subur di setiap dapur karena setiap ruangan memiliki kondisi cahaya, kelembapan, dan suhu yang unik. Namun, lima jenis tanaman hias populer untuk dapur ini adalah spesies yang bisa Anda coba.

Pothos

Pothos (Epipremnum aureum) merupakan salah satu tanaman hias yang paling mudah dirawat. Mereka beradaptasi dengan baik pada berbagai kondisi cahaya berbeda dan dianggap relatif toleran terhadap kekeringan. Selain itu, mereka merupakan tanaman gantung yang sangat bagus sehingga tidak perlu ribet memikirkan tempat kosong untuk meletakkan tanaman. Pothos beracun bagi hewan dan manusia.

Philodendron

Philodendron (Philodendron spp.) adalah genus tanaman hias dengan perawatan rendah lainnya yang terlihat bagus di pot gantung. Mirip dengan sirih gading, mereka dianggap relatif tahan kekeringan dan dapat tumbuh dalam cahaya tidak langsung terang hingga sedang. Tanaman dedaunan ini hadir dalam berbagai bentuk dan warna dan terkenal sebagai pembersih udara yang baik. Tanaman ini juga beracun bagi manusia dan hewan.

Herba

Menanam herba di dapur merupakan pilihan yang tepat, karena tidak ada yang lebih baik daripada memasak dengan herba segar, organik, yang ditanam sendiri sepanjang tahun. Selama dapur Anda memiliki lokasi yang menerima sinar matahari langsung dan terang hampir sepanjang hari, tanaman herbal akan tumbuh dengan mudah. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menanam herba dengan bantuan lampu tanam. Varietas herba yang mudah ditanam di dalam ruangan antara lain daun bawang, peterseli, mint, timi, rosemary, basil, oregano, dan daun ketumbar.

Sukulen

Jika Anda memiliki ambang jendela yang cerah di dapur Anda, sukulen adalah pilihan yang bagus. Istilah 'sukulen' menggambarkan tanaman yang menyimpan air dalam berbagai struktur seperti daun dan/atau batang, yang menjadikannya tahan kekeringan dan umumnya perawatannya rendah. Ada ratusan jenis sukulen yang hadir dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran yang menakjubkan. Spesies sukulen yang populer termasuk echeveria, haworthia, lidah buaya, crassula, kalanchoe, sedum, dan banyak lagi. Meskipun sebagian besar sukulen tidak beracun, perlu diketahui bahwa sukulen kalanchoe dan euphorbia dapat menjadi racun bagi manusia dan hewan.

Spider plants

Tanaman laba-laba (Chlorophytum comosum) termasuk tanaman hias yang paling mudah dirawat. Spider plants punya tanaman gantung yang sangat bagus ketika berbunga dan mengeluarkan cabang dengan subur. Hindari menempatkan tanaman laba-laba di tempat yang terkena cahaya langsung karena akan menyebabkan daunnya terbakar.