9 Tanaman Hias Minim Perawatan, Cocok Buat Kamu yang Super Sibuk
Ilustrasi (Felix Mittermeier/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Berkebun bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan di rumah karena Anda dapat menghiasi halaman dengan bunga maupun tanaman indah untuk dilihat. Di samping itu, berkebun ternyata juga memiliki banyak manfaat. Yang mampu mengubah gaya hidup menjadi lebih baik, serta meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Kalau Anda ingin mencoba berkebun tapi khawatir tidak punya banyak waktu mengurus tanaman hias, jangan khawatir. Anda bisa mulai dengan memelihara tanaman hias yang minim perawatan. Apa saja jenis tanaman tersebut? Melansir Taste of Home, Kamis, 19 Januari, berikut daftarnya.

Petunia

Petunia tidak memerlukan perawatan khusus. Tanaman hias satu ini hanya butuh terkena sinar matahari setidaknya 5-6 jam sehari. Anda juga tak wajib menyiram petunia setiap hari, cukup seminggu sekali saja. Anda bisa memilih petunia dengan varietas Supertunia Vista karena jenis ini mampu bertahan satu bulan dalam cuaca ekstrim.

Begonia

Begonia merupakan jenis tanaman hias minim perawatan yang bisa tahan di lingkungan minim sinar matahari, di daerah kering, maupun di tempat yang banyak terkena sinar matahari. Tanaman ini tumbuh dengan baik dalam wadah atau saat ditanam langsung ke tanah. Surefire Begonia merupakan varietas yang yang memiliki batang sangat tebal dan tahan lama. Serta bunga lebih besar yang bisa terus mekar. 

Marigold

Marigold lebih menyukai sinar matahari penuh. Tanaman ini juga mampu bertahan hidup dengan baik meski jarang disiram. Marigold juga merupakan bunga bebas hama. Sehingga bagus ditanam dekat dengan kebun sayur untuk menangkal serangga yang berpotensi merusak tanaman sayur Anda. 

Asoka

Tanaman hias ini dapat tumbuh subur di semua jenis tanah. Setelah ditanam, asoka hanya membutuhkan sedikit air untuk bertahan hidup. Ini adalah jenis tanaman yang mampu bagus menarik kupu-kupu, serta burung kolibri, lebah, dan hewan penyerbuk lainnya. 

Geranium

Tanaman hias minim perawatan ini lebih menyukai sinar matahari penuh dan suasana redup sore hari. Geranium juga tahan terhadap kekeringan dan sebagian besar kembangnya akan mekar dari awal musim semi hingga musim dingin.

Coneflower

Serupa dengan asoka, coneflower juga merupakan bunga yang disukai lebah, kupu-kupu, dan burung kalibri. Memiliki ketahanan terhadap sinar matahari yang baik, bunga coneflower biasanya mekar pada musim semi dan awal musim dingin.

Cosmos

Tanaman yang memiliki warna-warni kembang yang cantik ini dapat mekar di kondisi tanah yang buruk sekalipun. Senang dengan paparan sinar matahari, cosmos merupakan tanaman hias minim perawatan yang mampu mentolerir kekeringan dengan baik. Mirip dengan marigold, juga tidak menyukai tanaman ini. 

Snapdragon

Dalam Bahasa Indonesia, bunga satu ini dikenal dengan nama Bunga Mulut Naga. Snapdragon dapat beradaptasi dengan baik saat musim semi dan musim gugur. Tanaman Antirrhinum ini membutuhkan sinar matahari penuh dan tanah subur yang dikeringkan dengan baik.

Zinnia

Jika rutin terkena sinar matahari, tanaman hias zinnia dapat tumbuh setinggi tiga kaki. Hal serupa juga bisa terjadi jika zinnia ditanam di lingkungan yang teduh. Zinnia yang tahan kekeringan punya masa pertumbuhan yang cepat. Karena ini adalah tanaman satu musim, maka kurun waktu pertumbuhan dari biji menjadi bunga terjadi dalam waktu singkat. Mekar bunga berlangsung sepanjang musim panas.