Agar Suasana Rumah Terasa Lebih Hidup, Percantik Ruangan dengan Tanaman Hias Warna Hijau Sage
Ilustrasi (Huy Phan/Ilustrasi)

Bagikan:

JAKARTA - Desain interior dan tren warna rumah saat ini berfokus pada tone lembut yang mampu memberi ketenangan pada penghuni rumah. Selain tone warna cat rumah, salah satu usaha membawa rasa sejuk dan tentram dalam rumah yaitu dengan menambahkan beberapa tanaman hias berwarna hijau sage.

Dijamin, tiap ruangan yang dihiasi tanaman hijau akan terasa lebih segar dan hidup. Dan ada banyak varietas tanaman berwarna hijau yang bisa Anda pilih. Namun, tentukan jenis yang cocok dengan ruangan dimana Anda akan menikmati efek menenangkan tersebut. Jangan lupa, perhatikan juga kondisi cahaya ruangan agar tanaman bisa tumbuh subur.

Tillandsia

Dilansir dari Better Homes & Garden, Jumat, 17 Maret, tillandsia merupakan tanaman air plant atau tanaman udara sebab dapat hidup dengan media udara, menggantung di udara, tanpa tanah, tanpa pupuk, dan tak perlu disiram. Anda bisa meletakkan tiga tanaman tillandsia di atas meja atau dalam pot gantung berbahan dasar kaca. Letakkan dekat jendela, sebab tillandsia membutuhkan sinar matahari langsung agar dapat bertahan hidup.

Syngonium

Syngonium juga disebut sebagai tanaman arrowhead plant karena bentuk daunnya yang menyerupai mata anak panah. Tanaman ini dapat ditanam sendiri di tanah atau di pot, maupun dicampur dengan tanaman lain dalam satu pot panjang. Bisa juga menanam tanaman ini di pot gantung. Selain itu, cara lain menanam tanaman syngonium adalah di tiang atau teralis sebagai penyangga saat merambat.

Pilih syngonium warna putih, krim, dan perak untuk mendapatkan warna hijau sage yang Anda inginkan. Tumbuhan ini tumbuh subur dalam cahaya rendah dan sangat cocok diletakkan di kamar tidur atau ruangan kerja.

Chinese evergreen

Evergreen Cina yang kokoh dan indah bisa tahan cahaya rendah dan periode kekeringan yang panjang. Tunas muda tumbuh lebih lambat dan cocok diletakkan di atas meja. Sedangkan tanaman yang lebih besar bisa ditanam dalam pot dan diletakkan dalam sebagai potongan aksen dalam ruangan. Jenis Cecilia, Golden Bay, dan Silver Bay, semuanya memiliki dedaunan hijau sage yang cantik.

Echeveria

Echeveria adalah tanaman sukulen yang mudah dirawat. Varietas ini tumbuh dengan baik di halaman rumah atau ditanam dalam pot sebagai tanaman hias dalam rumah. Sebagian besar echeveria tidak beracun bagi kucing dan anjing. Tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan ini memiliki daun tebal dan membentuk pola bunga mawar. 

English Ivy

Meski english ivy adalah jenis tanaman hias klasik, namun penggemarnya seakan tak lekang waktu. Varietas english ivy terdiri dari berbagai warna dan bentuk menarik. Untuk tone hijau sage, coba varietas silver bells atau silver dollar. Hiasi meja kerja atau meja rias Anda dengan english ivy atau letakkan pada pot gantung dekat jendela untuk kesan tirai dedaunan.

Begonia

Begonia merupakan jenis tanaman hias minim perawatan yang bisa tahan di lingkungan minim sinar matahari, di daerah kering, maupun di tempat yang banyak terkena sinar matahari. Tanaman ini tumbuh dengan baik dalam pot atau saat ditanam langsung ke tanah. Surefire Begonia merupakan varietas yang yang memiliki batang sangat tebal dan tahan lama. Serta bunga lebih besar yang bisa terus mekar. 

Snake plant

Daun snake plant yang kaku, tegak dengan ujung runcing memberikan penampilan arsitektural, yang dengan sempurna melengkapi ruang modern dan kontemporer. Tumbuh sebagai tanaman hias berwarna hijau sage, Anda bisa menghias meja dengan snake plant berukuran kecil atau berukuran besar untuk di sudut ruangan. Whitney adalah varietas snake plant kerdil dengan warna hijau sage.