Suka Koleksi Tanaman Hias? Begini Cara Memperbanyak Peperomia Watermelon
Ilustrasi tanaman peperomia watermelon (Instagram/@berrykinn)

Bagikan:

JAKARTA – Tanaman hias peperomia dengan motif daun seperti buah semangka atau watermelon punya struktur daun yang cantik. Kalau dilihat sekilas, peperomia mirip sekali dengan tanaman hias calathea. Tetapi bedanya pada ketebalan daun dan bentuk batangnya.

Tanaman hias peperomia watermelon secara botani dikenal dengan Peperomia argyreia. Peperomia semangka atau begonia semangka merupakan spesies tanaman yang berbunga dari famili Piperaceae. Tumbuhan cantik ini berasal dari Bolivia, Brasil, Ekuador, dan Venezuela.

Meskipun disebut dalam spesies begonia, sebenarnya tidak terkait erat, apalagi dengan buah semangka yang dikenal banyak mengandung air dan rasanya segar.

Harga peperomia watermelon tidak begitu mahal, tepatnya pada kisaran Rp.35.000 – Rp.60.000. Bunga cantik ini juga memiliki manfaat untuk menjernihkan udara.

Bunga peperomia merah juga sering dikenal. Bagi yang suka mengoleksi dan merawat tanaman, baik jenis bunga watermelon maupun peperomia merah bisa diperbanyak atau dikembangbiakkan dengan cara berikut.

Cara memperbanyak peperomia watermelon

Sebelum repotting atau memindahkan tanaman peperomia watermelon bisa diperbanyak dengan stek daun. Bisa juga dengan cara belah batang. Berdasarkan karakter tumbuhan, peperomia watermelon tidak menyukai media tanam yang terlalu lembab.

Ini berarti dibutuhkan media tanam yang berpori dan gembur. Jumlah penyiraman dan volume airnya pun juga enggak perlu terlalu banyak. Cukup sehari 1 kali sekaligus mengecek kondisi. Jika terlalu kering, maka perlu disiram. Nah, apabila terlalu lembab baiknya dijemur matahari pagi.

Pertama, siapkan media tanam dengan campuran pasir, kompos, dan tanah gembur. Campuran tanpa memakai arang sekam agar kelembapannya terjaga.

cara memperbanyak peperomia watermelon
Ilustrasi tanaman hias peperormia watermelon (Instagram/@knotsandleaves)

Kedua, pilih daun yang sudah tua dari indukan tanaman peperomia watermelon. Potong hingga pangkal batang agar sisa batang tidak memicu pembusukan.

Ketiga, potong batangnya hingga tersisa kurang lebih 1 sentimeter. Tancapkan pada media tanam dan letakkan di tempat yang rindang atau tidak terpapar matahari langsung.

Keempat, siram secara rutin dan lalukan pengecekan setiap harinya untuk mengetahui perkembangan tumbuhnya pembibitan.

Peperomia watermelon anakan, akan tumbuh tunas dan akar sekitar 6 – 8 minggu. Nah, setelah bertunas dan keluar akar, segera pindahkan ke pot baru supaya pertumbuhannya lebih maksimal.

Mudah bukan cara untuk memperbanyak peperomia watermelon? Tertarik untuk memperbanyak varian peperomia lainnya?