Enggak Biasa, Kenali 4 Penyebab Tanaman Calathea Menggulung Daunnya
Ilustrasi tanaman Calathea (Unsplash/ Kae Anderson)

Bagikan:

JAKARTA – Tanaman hias yang dipajang di dalam rumah perlu dirawat berdasarkan kebutuhannya. Apabila daunnya menggulung, seperti yang sering terjadi pada tanaman Calathea, artinya ini tanda tak biasa.

Dilansir Smart Garden Guide, Senin, 5 Juli, tanaman Calathea memiliki mekanisme yang unik. Tanaman ini disebut sebagai tumbuhan yang temperamental dan ekspresif. Bahkan ketika Calathea tidak merasa ‘bahagia’ akan memberi tanda-tanda visual.

Berikut 4 penyebab Calathea menggulung daunnya dan cara mengatasinya.

Terpapar langsung cahaya matahari

Apabila tumbuh di alam liar, Calathea biasanya tumbuh di bawah tumbuhan besar hutan tropis. Calathea menyukai tempat yang teduh dengan intensitas cahaya yang tidak terlalu tinggi. Bagi tanaman ini, sinar matahari langsung bisa mengurangi motif varigata baik berwarna putih maupun hijau.

Maka apabila daunnya menggulung, salah satu penyebabnya adalah terlalu tinggi intensitas cahaya yang menyinari tanaman Calathea. Untuk mengatasinya, Anda bisa memindahkan ke tempat yang lebih teduh. Dalam waktu satu atau dua hari daunnya akan mekar dan kembali cantik.

Suhu ekstrim

Tanaman Calathea tumbuh ada suhu 16 – 26 derajat Selsius. Suhu tersebut merupakan suhu asalnya, tetapi jika terlalu dingin maka daunnya akan meringkuk untuk menghangatkan diri. Sedangkan jika terlalu panas, daunnya bisa mengering dan mengerut.

Pastikan juga Calathea tidak ditempatkan langsung di depan AC atau ventilasi pemanas. Sebab perubahan udara baik panas maupun dingin dapapt merusak daun.

Cara mengecek suhu yang pas, coba raba permukaan daunnya. Apabila daunnya bergelombang, artinya tanaman ini harus dijauhkan dari sumber panas sekitarnya. Atau Anda bisa memindahkan ke tempat yang lebih sejuk tetapi tidak terpapar matahari langsung.

Untuk memastikan suhu yang pas, periksa suhu tanah menggunakan termometer.

merawat tanaman hias calathea
Ilustrasi jenis tanaman Calathea ‘Maui Queen’ (Unsplash/Severin Candrian)

Kelembapan rendah

Daun Calathea menggulung merupakan mekanisme tanaman untuk menandai kelembapan. Jika udara kering, daun mulai menggulung dan menguning. Tanda tersebut juga bisa dikenali dengan perubahan tekstur pada daun, daun jadi kasar, rapuh, dan tepi dauh mudah pecah saat disentuh.

Nah, cara menyiram yang keliru juga akan memengaruhi kondisi tanaman. Calathea, lebih suka disiram dengan botol spray sehingga aliran airnya tidak merusak bagian tanaman.

Apabila Anda meletakkan tanaman Calathea di ruangan dengan humidifier, akan lebih bagus.

Penyiraman yang salah

Seperti yang dipaparkan pada poin sebelumnya, cara menyiram yang keliru bisa berpengaruh besar pada daun tanaman hias kesayangan Anda. Yang perlu diperhatikan adalah jumlah air yang cukup dan gunakan spray agar air merata mengenai media tanamnya.

Hindari tanaman Calathea kurang hidrasi dan kebanyakan air. Sebab kekeringan dan kebanyakan air bisa membuat tanaman ini enggak bahagia. Untuk mengeceknya, cobalah sentuh dengan jemari Anda. Apabila tanah terlalu basah, maka bisa menyebabkan akarnya mudah busuk.