6 Cara Merawat Tanaman Monstera agar Tumbuh Sempurna
Ilustrasi (Huy Pan/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Akhir-akhir ini bertanam tengah jadi kesibukan baru yang digemari banyak orang. Salah satu tanaman yang populer adalah Monstera Deliciosa. Daunnya yang lebar dan berlubang jadi highlight bagi pencinta tanaman. Tapi sebenarnya perlu usaha khusus agar daun monstera bisa tumbuh cantik dan sehat. Simak cara merawat tanaman monstera berikut ini.

Perhatikan media tanamnya

Sebelum menanam monstera di pot, pastikan media tanamnya sudah memiliki nutrisi yang cukup. Media tanam yang digunakan sebenarnya tak jauh berbeda dengan tanaman hias lainnya. Komposisi yang digunakan biasanya berupa campuran tanah dengan pasir serta kompos dengan perbandingan 1:1.

Tetap gunakan pupuk

Jika Anda sudah mencampurkan tanah dan kompos seperti di atas, Anda tetap harus menggunakan pupuk. Tapi pengaplikasian pupuk ini cukup dilakukan sebanyak 5 kali saja dalam setahun. Tak perlu menggunakan pupuk khusus, cukup pilih yang sudah dijual di pasaran, namun tetap ikuti saran penyajian sesuai kemasan.

Letakkan pada area dengan pencahayaan cukup

Monstera tak terlalu suka sinar matahari langsung namun ia tetap memerlukan pencahayaan cukup untuk tumbuh subur. Sebaiknya, letakkan monstera di samping jendela atau sudut dalam rumah dengan cahaya yang cukup terang.

Awasi kadar air saat proses penyiraman

Untungnya, Anda tidak perlu terlalu sering menyiram monstera, cukup seminggu sekali, namun lakukan secara rutin. Pastikan juga kadar air yang disemprotkan tidak menggenang di bawah pot karena bisa bikin akarnya membusuk. Sore adalah waktu terbaik untuk menyiram monstera karena pada waktu inilah monstera menyerap airnya.

Ganti pot secara berkala

Jika akar sudah mulai memenuhi pot, segera ganti dengan yang baru. Gunakan pot baru yang memiliki lebar hingga 50cm dari pot sebelumnya. Sebelum dipindahkan, pastikan juga Anda menggunakan tanah berkualitas tinggi. Ulangi poin nomor 1.

Bersihkan daun yang mulai tumbuh besar

Luangkan waktu setidaknya dua minggu sekali untuk membersihkan daun. Umumnya, daun monstera yang lebar cenderung dipenuhi debu. Jika daun sudah bersih, tentunya tanamanmu akan terlihat lebih segar dan cantik.