Percantik Dinding Luar Rumah dengan Tanaman Rambat, Ini Daftarnya
Ilustrasi (Victoria Strukovskaya/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Rumah yang nyaman serta tertata apik tentu menjadi idaman semua orang. Namun saat menata rumah terkadang beberapa orang hanya berfokus dengan area dalam rumah alias interiornya saja. Padahal bagian eksterior pun tak kalah penting karena juga memengaruhi tampilan hunian Anda.

Nah, salah satu cara mudah untuk memperindah bagian eksterior hunian adalah dengan menempatkan tanaman rambat pada dinding luar rumah. Selain mempercantik, mengaplikasikan tanaman rambat juga memiliki manfaat lainnya, yakni memberikan kesan sejuk serta asri rumah Anda meski cuaca sedang terik.

Lalu apa saja tanaman rambat yang dapat diaplikasikan di dinding luar rumah Anda. Berikut rangkumannya untuk Anda.

Sirih Merah

Sirih merah memang lebih dikenal sebagai tanaman herbal yang memiliki khasiat untuk tubuh. Namun, sifatnya yang merambat serta warna daun hijau dengan semburat merah menjadikan sirih merah menjadi tanaman yang sesuai pula untuk mempercantik dinding rumah Anda. Untuk merawat sirih merah pun tak rumit, Anda hanya perlu menyiram dua kali sehari serta memberi pupuk seminggu sekali.

Lee Kwan Yew

Lee Kwan Yew merupakan jenis tanaman rambat yang tumbuh menjuntai ke bawah. Belakangan, tanaman dengan nama latin Vernonia elliptica ini makin populer karena kerap digunakan untuk menghias dinding perkantoran maupun kafe-kafe. Perawatannya pun tergolong mudah sebab tahan di segala cuaca. Cukup siram secara berkala setidaknya sehari sekali dan lakukan pemupukan. Selanjutnya bila tanaman sudah terlalu panjang, Anda bisa melakukan pemangkasan supaya lebih rapi.

Dolar

Anda mungkin tak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Dolar memang cukup populer sebagai tanaman rambat yang menutup dinding. Tanaman ini memiliki daun kecil berbentuk lonjong dengan ujung meruncing serta berwarna hijau cerah. Dolar mudah tumbuh di dinding karena daya cengkeram akarnya yang kuat. Tanaman ini pun memiliki perawatan yang mudah pula. Cukup lakukan penyiraman rutin serta memotong batang-batang tanaman yang merambat ke area lain.

Sirih Gading

Tak hanya cantik saat ditempatkan di dalam pot. Sirih gading pun juga bisa jadi tanaman rambat dinding penghias hunian Anda. Ciri tanaman ini memiliki daun berwarna hijau dengan semburat kuning cerah sampai pucat. Perawatan tanaman ini pun tak susah. Tempatkan sirih gading pada area dengan cahaya yang cukup, siram serta beri pupuk secara berkala. Selain itu karena sifatnya yang menjuntai, sesekali potong tanaman supaya lebih teratur.

Morning Glory

Satu lagi tanaman rambat yang bisa Anda aplikasikan pada dinding rumah. Tak seperti tanaman rambat di atas, morning glory merupakan tanaman rambat berbunga. Morning glory yang ditemui biasanya berwarna ungu tetapi sebenarnya tanaman ini punya banyak varian warna. Untuk menanamnya, letakkan morning glory di  pot dan beri cahaya, air, serta pupuk secukupnya. Jika sudah cukup tinggi, pindahkan tanaman di dekat dinding dan beri jalur supaya dapat merambat naik.