Mengenal Tanaman Dolar, Tumbuhan Rambat yang Tahan Banting Asal Afrika
Ilustrasi (Lokesh Tiwari/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tanaman dolar merupakan salah satu jenis tanaman hias rambat yang asalnya dari Afrika. Memiliki daun hijau yang mengkilap, tumbuhan ini sangat apik dipandang dan dapat menciptakan suasana asri, Habitat aslinya merupakan tempat beriklim tropis yang sama seperti Indonesia sehingga tidak heran kalau tanaman dolar juga populer dan mudah ditemukan di sejumlah hunian di tanah air.

Tanaman dolar pada umumnya dimanfaatkan sebagai tanaman hias yang diletakkan di bagian luar rumah. Beberapa orang sengaja membiarkannya merambat di permukaan dinding eksterior. Selain membuat rumah terlihat lebih hijau, tanaman dolar juga mampu melindungi dinding dari sengatan sinar matahari. Cat dinding eksterior pun akan awet dan dinding tidak mudah mengalami retak.

Tanaman dolar juga bisa dimanfaatkan menjadi obat diare dan ambeien. Bagian yang digunakan adalah batangnya. Batang tanaman dolar hanya perlu direbus dan diminum dua kali sehari. Selain itu, daun dolar juga mengandung flavonoid dan polyphenol yang mampu menangkal radikal bebas.

Merawat tanaman dolar bukanlah hal yang sulit dilakukan. Anda hanya perlu rutin menyiramnya setiap hari. Jika tanah tempatnya tumbuh sudah cukup lembap, Anda bisa menyiramkan sedikit air ke bagian daun-daunnya agar tidak terlihat kusam. Bila sudah bertumbuh, rutinlah memotong batang yang merambat ke area lain. Jangan lupa untuk menambah paku kecil atau kawat jika dibutuhkan.