Tanaman di Rumah Rusak Karena Kutu Daun? Begini Cara Membasminya
Ilustrasi Kutu Daun (Horror by Numbers/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - kutu daun adalah golongan serangga yang hidup berkoloni dan bisa menyerang atau merusak tanaman dengan cara menghisap cairan pada tanaman tersebut. Akibatnya, tanaman pun bisa mengalami kerusakan, seperti kering, tumbuh kerdil, mati, bahkan membawa virus dan merusak tanaman lain di sekitarnya.

Tentu saja, Anda tidak boleh membiarkan kutu daun merusak tanaman kesayangan. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencoba salah satu tips pada artikel di bawah ini.

Semprot tanaman secara rutin

Salah satu alasan kutu daun bisa bersarang pada tumbuhan adalah minimnya perawatan yang dilakukan. Sebaiknya, lakukan perawatan seperti menyemprotnya secara rutin. Anda bisa menyiapkan air di dalam semprotan tanaman, lalu tempatkan tumbuhan tersebut di area luar ruangan. Setelah itu, semprot seluruh bagian tanaman menggunakan air dan lakukan secara berkala hingga kutu daun lenyap. 

BACA JUGA:


- https://voi.id/lifestyle/68763/3-teknik-membuat-pupuk-organik-cair-sendiri-di-rumah-dijamin-anti-ribet

- https://voi.id/lifestyle/68924/mengenal-tanaman-hias-miana-yang-cantik-berwarna-ungu-mau-tahu-cara-merawatnya

- https://voi.id/lifestyle/68297/ternyata-enggak-susah-begini-6-cara-menanam-tabulampot-agar-cepat-berbuah

- https://voi.id/lifestyle/65996/5-jenis-bunga-anggrek-yang-mudah-perawatannya-mau-coba-untuk-menghias-rumah

- https://voi.id/lifestyle/63878/5-fakta-tentang-tanaman-hias-varigata-ternyata-enggak-hanya-pada-monstera

[/see_also]

Semprot menggunakan larutan air bawang dan cabai

Jika cara membasmi kutu daun di atas sudah dilakukan, tapi kurang optimal, Anda bisa melakukan cara selanjutnya. Ya, cara ini dapat dilakukan dengan mencampurkan bawang dan cabai yang telah dihaluskan  dengan air. Setelah Anda telah menyiapkan bahan pembasmi kutu daun tersebut, silakan semprot pada area tanaman yang terserang.

Pangkas daun yang terserang kutu daun

Jika tanaman kesayangan Anda telah diserang kutu daun dalam jumlah yang cukup banyak, maka Anda harus segera memangkas bagian tanaman tersebut menggunakan gunting. Cara ini harus Anda lakukan agar kutu daun tidak menyebar dan merusak tanaman lainnya.