Bagikan:

JAKARTA - Selama ini manfaat minyak kelapa paling banyak diketahui hanya untuk kesehatan tubuh dan juga perawatan kulit. Tapi, siapa sangka kalau minyak kelapa punya khasiat besar untuk tanaman di kebun rumah Anda. Jika Anda bertanya-tanya apakah penggunaan minyak kelapa untuk tanaman mungkin atau tidak, maka jawabannya adalah ya! Berikut ini beberapa tips penggunaan minyak kelapa untuk keperluan berkebun.

Melumasi peralatan berkebun

Anda dapat menjaga peralatan seperti gunting pangkas, pemotong pagar, tang agar tetap berfungsi dengan baik dengan mengoleskan sedikit minyak kelapa pada peralatan tersebut. Ini akan memastikan peralatan tersebut berfungsi dengan baik dan bebas karat.

Menambah kilau dedaunan

Mengoleskan sedikit minyak kelapa pada daun tanaman akan membuat tanaman lebih berkilau dan menjauhkan hama serta infeksi seperti jamur. Tambahkan beberapa tetes minyak kelapa pada kain katun dan gosokkan dengan lembut pada daun. Selain itu juga dapat mencegah daun menyerap terlalu banyak air. Karena kaya akan sifat mikroba dan antijamur, minyak ini juga membantu mencegah penyakit dan masalah jamur pada tanaman.

Saat menggunakan minyak kelapa pada tanaman, pastikan tidak meletakkannya di bawah sinar matahari langsung. Karena minyak akan menyerap lebih banyak panas dari matahari, dan dapat membakar daun.

Membunuh rumput liar

Singkirkan gulma menggunakan minyak kelapa tanpa merusak alam dan tanaman yang bermanfaat. Campur minyak sayur dan minyak kelapa dengan perbandingan yang sama dalam panci dan panaskan dengan api kecil. Agar larutan lebih manjur, Anda juga dapat menambahkan 15-20 tetes minyak nimba ke dalamnya.

Setelah larutan mendingin, pindahkan ke botol semprot. Kocok dengan baik sebelum digunakan dan semprotkan pada gulma untuk membasminya secara organik. Anda harus menyemprotkannya selama 5-7 hari terus-menerus.

Bahan pestisida organik

Anda dapat menyiapkan pestisida organik menggunakan minyak kelapa untuk membasmi kutu putih, tungau, kutu daun, dan ulat bulu. Pestisida ini menutupi serangga dan menyumbat pori-pori pernapasan.

Cukup siapkan 2 gelas minyak kelapa, ½ gelas sabun castile organik, ½ sendok makan minyak nimba, botol semprot, dan botol kosong. Campurkan minyak kelapa dan sabun castile ke dalam botol kosong. Tutup botol dan kocok hingga berubah warna menjadi putih. Encerkan larutan dengan sedikit air dan masukkan ke dalam botol semprot. Anda dapat menyimpan pestisida ini selama tiga bulan. Hindari penggunaan larutan pada tanaman berdaun tipis atau lunak.

Pengusir nyamuk dan serangga

Menurut penelitian yang diterbitkan di Departemen Pertanian, Universitas Nebraska, AS,disadur dari Balcony Garden Web, Jumat, 18 Oktober, asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa ditemukan menunjukkan aktivitas pengusiran nyamuk yang dominan hingga 96 jam di musim panas.

Agar lebih efektif, tambahkan 4-6 tetes minyak nimba ke dalam 50 ml minyak kelapa dan oleskan secara merata ke bagian tubuh yang terbuka sebelum Anda pergi ke kebun atau area mana pun yang mungkin terdapat nyamuk.