Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah: Gak Nyangka Minyak Ini Manfaatnya Sampai Segitunya!
Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Minyak zaitun berasal dari buah zaitun dan merupakan makanan pokok Mediterania. Minyak ini memiliki banyak manfaat nutrisi saat dikonsumsi, tetapi juga sering dioleskan pada kulit dan rambut. Lalu apa manfaat minyak zaitun untuk wajah?

Pelajari lebih lanjut tentang manfaat menggunakan minyak zaitun pada wajah, dan temukan cara menggunakannya untuk hasil terbaik.

Ilustrasi Bentuk Minyak Zaitun (Unsplash)
Ilustrasi Bentuk Minyak Zaitun (Unsplash)

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah

Mengandung antioksidan

Minyak zaitun bertindak sebagai antioksidan, yaitu zat yang mencegah oksidasi. Oksidasi adalah proses yang dapat menghasilkan radikal bebas, yaitu bahan kimia yang berpotensi merusak sel dan dapat berkontribusi pada perkembangan kanker.

Ketika diterapkan pada kulit, antioksidan dapat mencegah penuaan dini. Juga, beberapa penelitian menunjukkan bahwa menempatkan minyak zaitun pada kulit setelah paparan sinar matahari dapat melawan sel-sel penyebab kanker.

Dalam studi tersebut, para ilmuwan mengoleskan minyak ke kulit tikus yang telah terpapar sinar ultraviolet (UV) yang berpotensi berbahaya. Pertumbuhan tumor secara signifikan lebih rendah pada tikus yang memiliki minyak zaitun di kulit mereka dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Para ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian di bidang ini untuk memahami efek sifat antioksidan minyak zaitun pada kulit manusia.

Kandungan vitamin

Minyak zaitun mengandung vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Beberapa vitamin ini mungkin bermanfaat bagi kulit.

Misalnya, orang telah menggunakan minyak vitamin E secara topikal sepanjang sejarah untuk mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk psoriasis dan eksim.

Efek antibakteri

Minyak zaitun telah terbukti memiliki sifat antibakteri. Namun, hanya ada sedikit penelitian tentang kemampuan minyak zaitun untuk mengendalikan bakteri pada kulit.

Satu studi kecil melihat efek penggunaan minyak zaitun dan minyak kelapa pada bakteri Staphylococcus aureus pada kulit. Hasilnya menemukan bahwa kedua minyak tersebut menunjukkan sifat antibakteri, tetapi minyak kelapa murni lebih efektif dalam menghilangkan bakteri.

Meskipun demikian, minyak zaitun terkadang dapat digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada kulit. Ini juga dapat meningkatkan penyembuhan pada orang dengan borok kaki yang disebabkan oleh diabetes tipe 2.

Efek pelembab

Minyak zaitun adalah pelembab alami populer yang sering digunakan untuk melembutkan kulit dan rambut. Namun, ada sangat sedikit penelitian tentang efektivitasnya.

Masker

Orang dengan kulit kering dapat melihat manfaat dari menggunakan masker wajah berbasis minyak zaitun. Minyak zaitun yang dicampur dengan bahan-bahan seperti putih telur, madu, atau oat yang digiling dapat melembutkan dan melembabkan wajah.

Perawatan kerut

Karena kandungan antioksidannya, minyak zaitun dapat mengurangi penuaan kulit dan kerutan. Minyak dapat dioleskan di sekitar area mata pada malam hari atau setelah paparan sinar matahari.

Penghapus riasan mata

Minyak zaitun memecah zat tahan air dalam riasan mata, memungkinkannya untuk dibersihkan dengan lebih mudah.

Untuk menghapus riasan mata, cukup tambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke bola kapas dan usap area mata dengan lembut.

Jadi setelah mengetahui manfaat minyak zaitun untuk wajah, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!