Percantik Dekorasi Rumah dengan Bunga Segar, Ikuti Tipsnya Menata
Ilustrasi dekorasi rumah dengan bunga segar (Pexels/Karolina Grabowska)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Merangkai bunga potong segar, merupakan cara cepat untuk percantik ruangan di rumah. Selain bisa jadi hadiah terindah untuk orang terdekat, merangkai bunga juga sebagai cara mengekspresikan gaya pribadi Anda. Bagaimana cara mempercantik dekorasi rumah dengan bunga segar, berikut langkahnya.

1. Buat daftar jenis bunga yang Anda sukai

Setiap jenis bunga menggambarkan maknanya. Misalnya mawar merah yang dikaitkan dengan keberanian dan gairah, bunga segar lainnya pun juga bisa ditelisik maknanya. Sebelum membeli beberapa bunga atau tanaman hijau serta peralatan tambahan, buatlah daftar bunga segar yang ingin Anda tata dan mempercantik ruangan Anda.

Seorang desainer dan florist Sierra Steifman mengatakan, jika ini pertama kalinya Anda bekerja dengan bunga, cobalah tetap menjaga produk bunga Anda tetap sederhana. Pilih dua atau tiga varietas dalam palet warna yang sama sehingga dapat fokus pada penempatan daripada koordinasi warna. Pesannya lagi, tambahkan beberapa tanaman hijau untuk memberi tekstur.

dekorasi rumah dengan bunga segar
Ilustrasi dekorasi rumah dengan bunga segar (Pexels/Secret Garden)

Paling pneting lagi, pilih bunga yang sedang musim. Selain karena mudah ditemukan, bunga segar yang sedang musim juga lebih awet segarnya. Misalnya, calendula, gardeneia, dan melati lebih banyak ditemukan pada musim yang lebih dingin. Sedangkan saat musim yang lebih panas, Anda bisa memiliki bunga krisan, bunga matahari, dan mawar.

2. Susun berdasarkan palet warna

Berdasarkan rekomendasi Steifman, pilih jenis bunga segar untuk dekorasi berdasarkan palet warna. Usahakan yang memiliki warna senada sehingga memudahkan Anda untuk mengkombinasikannya. Ditambah lagi, pilih tanaman hijau agar komposisinya lebih ‘hidup’.

3. Siapkan vas bunga

Merangkai bunga segar untuk dekorasi ruangan, bisa dimulai dengan membilas batang bunga. Bilas dengan lembut dan singkirkan semua daun di sepanjang batang. Sisakan daun hanya pada bagian atas saja atau paling dekat dengan mahkota bunga atau yang berada di atas air.

Kenapa harus memotong daun, karena ini akan membantu bunga bertahan segar lebih lama. Kemudian, keringkan bagian batangnya dan potong miring 45 derajat. Setelah bunga siap, jangan lupa menyiapkan vas paling cantik dan berkarakter. Lalu beri air dalam suhu kamar untuk mencegah batang terkena udara.

dekorasi rumah dengan bunga segar
Ilustrasi dekorasi rumah dengan bunga segar (Pexels/Karolina Grabowska)

4. Buat air rendaman dari beberapa bahan

Sementara menunggu bunga terhidrasi dari air suhu ruangan, siapkan air rendaman yang membuat bunga segar tahan lama. Campurannya terdiri dari air perasan lemon dan gula. Campurkan dengan air suhu ruangan hingga merata. Kemudian Anda siap merangkai bunganya dalam vas berisi campuran tersebut.

5. Atur bunga dan tanaman hijau

Mulailah dengan meletakkan semua bunga di meja Anda. gunakan batang tanaman hijau yang membat dasar berbentuk segitiga. Tanaman hijau ini, direkomendasikan dari daun eucalyptus atau kayu putih, ivy, dan pakis. Buang bagian daun yang berduri dan daun yang ada pada batang untuk mencegah pembusukan.

Terakhir, tata jenis bunga Anda secara simetris dan berurutan dari warna hangat hingga dingin. Anda juga bisa menambahkan ceri atau jenis bunga lain yang menyatukan komposisi meski palet warnanya berbeda.

Itulah cara menata bunga segar untuk dekorasi ruangan. Tertarik mencobanya? Anda bisa mulai menyusun daftar bunga apa saja yang membuat ruangan Anda lebih berwarna.