6 Inspirasi Tanaman Hias untuk Dekorasi Rumah Lebih Cantik
Ilustrasi (Heather Ford/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Tren dekorasi rumah menggunakan tanaman hias kini muncul kembali. Selain membuat suasana rumah jadi asri, kehadiran tanaman hias sebagai dekorasi rumah mampu menambah estetika tampilan dalam rumah.

Terutama jika tanaman hias ditaruh di tempat yang sering digunakan untuk bekerja, misalnya. Warna hijau daun mampu menyelaraskan kembali pikiran yang penat akibat kelelahan bekerja.

Ada beragam jenis tanaman hias yang bisa Anda gunakan untuk dekorasi rumah. Anda bisa memilih tanaman hias dalam pot, tanaman hias daun, tanaman hias bunga, tanaman gantung, atau beberapa tanaman lainnya yang termasuk sebagai tanaman hias untuk dekorasi rumah.

Mau tahu apa saja inspirasi tanaman hias tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

Tanaman Sirih Gading

Sirih gading bisa dijadikan tanaman hias untuk dekorasi rumah. Cukup letakkan sirih gading pada gelas kaca atau vas transparan yang berisi air, lalu tanaman ini akan merambat dengan subur. Cara perawatannya juga mudah. Anda hanya perlu menyiram tanaman hias ini sehari sekali dang anti airnya tiap 2-3 hari sekali. Pangkas bagian akar jika mulai terlihat memadati vas.

Lidah Mertua

Tanaman hias untuk dekorasi rumah selanjutnya adalah lidah mertua. Tanaman hias ini berfungsi menyerap polutan pada ruangan sehingga udara dalam ruangan terasa lebih segar dan bersih.

Kaktus

Tanaman hias untuk dekorasi rumah yang populer dan paling banyak ditemukan saat ini adalah kaktus. Baik kaktus mini maupun kaktus bunga, kedua jenis ini berhasil mencuri perhatian banyak orang. Anda bebas meletakkan tanaman ini dimana saja, baik di kamar mandi, meja kerja, kamar tidur, bahkan ruang tamu. Bentuknya yang kecil serta unik, jelas mampu mempercantik ruangan tempat tinggal.

Bunga Lily

Bunga yang identik dengan warna putih ini sangat cocok diletakkan di kamar untuk menghasilkan tampilan yang minimalis dan rapi. Karena bunga lily perlu mendapat sinar matahari, maka posisi yang pas untuknya yaitu di tepi jendela kamar. Bunga lily juga mampu menyaring racun berbahaya, sehingga kualitas udara dalam ruangan jadi lebih sehat.

Lidah Buaya

Menanam lidah buaya sebagai tanaman hias untuk dekorasi rumah juga perlu. Selain dapat memperindah ruangan, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai obat penyembuh luka, serta vitamin penyubur rambut.

Bunga Lavender

Bunga lavender juga bisa Anda letakkan dalam ruangan sebagai obat pengusir nyamuk alami. Selain mengusir nyamuk, bunga lavender juga bisa mengurangi rasa cemas dan gejala insomnia karena wanginya yang menenangkan. Warna ungunya juga bagus, ya?