6 Tanaman Hias Indoor yang Bisa Tumbuh Tinggi, Cocok Bikin Suasana Rumah Makin Hidup
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Memiliki tanaman hias indoor berukuran kecil memang menyenangkan untuk dekorasi tambahan rumah. Tapi, kalau Anda ingin menghidupkan suasana rumah, pilihlah koleksi tanaman hias yang bisa tumbuh tinggi.

“Tanaman hias yang tinggi dapat menghidupkan ruang dengan menambah definisi dan tekstur pada gaya dekorasi rumah berjenis apapun,” kata Lindsay Pangborn, pakar perkebunan di Bloomscape, melansir Reader’s Digest, Kamis, 27 Juli.

Namun, sebelum membawa tanaman itu ke rumah, koordinator edukasi tanaman di The Sill, Paris Lalicata, mengingatkan pentingnya memperhatikan kebutuhan pencahayaan dan penyiramannya. 

Nah, berikut ada lima houseplant cantik yang bisa tumbuh tinggi meski ditanam dalam rumah.

Snake plant

Jika Anda tergolong pendatang baru dalam dunia tanaman hias, pertimbangkan memilih snake plant untuk dekorasi rumah. Snake plant sangat mudah dirawat dan memiliki ketahanan yang sangat bagus. 

Dengan daun tegak berbentuk pedang, tanaman hias berukuran tinggi ini tumbuh subur dalam berbagai kondisi. Snake plant mentolerir tingkat cahaya apa pun, dari sinar matahari penuh hingga minim cahaya. Nilai plusnya, tanaman ini tidak memerlukan penyiraman secara berkala.

Parlor palm

(via reader's digest)

Selanjutnya ada parlor palm. Parlor palm merupakan salah satu tanaman palem terbaik untuk ditanam di dalam ruangan. Sebab memiliki kebutuhan cahaya yang lebih rendah dibandingkan spesies sejenisnya.

Tentu, tanaman dalam ruangan berukuran tinggi ini lebih menyukai cahaya terang. Tetapi parlor palm akan bertahan dalam kondisi cahaya redup saat ditanam dalam ruangan. Soal penyiraman pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyiramnya ketika lapisan tanah bagian atas terlihat setengah kering.

Burung surga

(via reader's digest)

Dikenal sebagai 'ratu tanaman dalam ruangan', tanaman burung surga atau nama latinnya Strelitzia Nicolai. Memiliki daun mengkilap seperti tanaman pisang yang mengembang, memberikan sedikit sentuhan tropis. Tanaman dalam ruangan ini diberi nama burung surga sebab terlihat seperti burung yang sedang terbang. 

Ini adalah jenis tanaman tropis, jadi tidak mengherankan jika tanaman ini lebih menyukai lingkungan hangat dengan banyak sinar matahari. Bunga surga tumbuh subur dalam cahaya terang dan lingkungan yang lembap.

Kuping gajah

Mencari tanaman hias dalam ruangan berukuran tinggi yang memancarkan rasa tenang? Cobalah tanaman kuping gajah yang memiliki daun tebal berbentuk lonjong dan urat yang menonjol. Daunnya yang besar menciptakan kesan menenangkan, terutama varietas Regal Shields, yang memiliki dedaunan ungu-perunggu.

Tapi, pastikan Anda memiliki ruang di rumah dengan kondisi yang tepat agar tanaman ini dapat berkembang. Tanaman ini memerlukan banyak cahaya dan tingkat kelembapan relatif di atas rata-rata.

Zz plant

(via reader's digest)

Ingin tanaman yang mudah dirawat dan kuat? Pilihlah ZZ plant.  ZZ merupakan salah satu tanaman hias yang tahan lama, mentolerir kondisi cahaya dan kelembaban rendah. Dedaunan akan gugur jika tanaman jarang disiram, namun dapat tumbuh kembali setelah Anda menyiramnnya. Dalam hal perawatan tanaman ZZ, tempatkan di tempat yang mendapat cahaya tidak langsung yang terang, dan biarkan tanah mengering sebelum melakukan penyiraman berikutnya.

Monstera

(via reader's digest)

Dengan daun lebar berbentuk lonjong yang menampilkan celah dan lubang alami (dikenal sebagai fenestrasi), monstera mendapatkan julukan "tanaman keju Swiss". Perawatan tanaman monstera cukup mudah, menjadikannya pilihan ideal untuk pemula. 

Tanaman hias berukuran tinggi ini dapat beradaptasi dan tumbuh baik dalam kondisi cahaya apapun. Tapi akan lebih maksimal jika diletakkan di tempat dengan cahaya tidak langsung yang terang. Monstera merupakan jenis tanaman merambat, sehingga Anda memiliki kebebasan membentuk tanaman ini sesuai keinginan.