Ciptakan Wewangian Alami dalam Rumah dengan Menanam 8 Tanaman Hias Ini
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Merawat tanaman hias digemari banyak orang sebab mampu menambah keindahan hunian. Selain sentuhan nilai estetika, beberapa tanaman hias juga menawarkan aroma menenangkan yang berasal dari daun atau bunganya. 

Jika Anda sedang mencari tanaman hias untuk mengisi rumah dengan aroma yang menyenangkan. Mulai dari manis hingga beraroma mint, berikut daftar tanaman beraroma wangi disadur dari Better Homes and Gardens, Jumat, 26 Mei.

Bunga Terompet

Saat dalam fase mekar penuh, bunga terompet menawarkan rupa yang spektakuler. Tidak hanya itu, pada malam hari bunga ini akan menyebarkan wewangian lembut. Tanaman tropis ini ditanam di halaman rumah. Ketika berbunga, tangkainya bisa dipotong dan diletakkan di dalam rumah. Karena bunga terompet sangat beracun, sebaiknya jauhkan dari jangkauan hewan peliharaan dan anak kecil.

Melati Arab

Bunga putih yang mekar sepanjang tahun ini menghasilkan aroma wangi lembut. Selain itu, kembangnya digunakan untuk membuat teh melati dan kalung bunga di Hawaii. Anda bisa membiarkan batang tanaman merambat ini tumbuh panjang dan merangkainya di atas terali atau tumbuh di gundukan melengkung.

Pohon Citrus

Varietas pohon citrus seperti lemon, jeruk mandarin, pomelo, dan jeruk bali merupakan tanaman hias yang menawarkan wewangian dari bunga selama diterangi cukup cahaya. Jika Anda sabar, Anda bahkan dapat menikmati buah-buahannya. Jika Anda menanam jeruk dari biji, tanaman membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berbunga dan kemungkinan besar akan memiliki duri yang tajam. Untuk itu, belilah tanaman jeruk lalu cangkok.

Cuban Oregano

Menawarkan aroma pedas yang berbeda, oregano Kuba adalah kerabat ivy Swedia yang mudah tumbuh. Anda bisa memanfaatkan daunnya untuk menambah aroma dalam masakan. Anda bisa memperbanyak tanaman dengan cara mengambil stek dari akarnya.

Eucalyptus

Sebagian orang mungkin tidak menganggap eucalyptus sebagai tanaman hias. Padahal tanaman ini menawarkan daun unik berwarna biru keabu-abuan dengan aroma terapi begitu daunnya digosokkan. Agar tumbuh lebat, Anda perlu memangkas daunnya secara rutin.

Gardenia

Terkenal sebagai salah satu bunga paling harum di sekitarnya, bunga gardenia atau kacapiring merupakan tanaman hias yang indah. Bunga putih tunggal atau ganda memancarkan aroma bunga yang kuat. Di musim semi dan musim panas, gunakan pupuk yang diformulasikan untuk tanaman yang menyukai asam. Juga, pastikan untuk melindungi tanaman ini dari angin panas dan dingin.

Plumeria

Pohon tropis yang terkenal dengan bunganya yang indah dan keharumannya yang memukau, bunga plumeria sering digunakan untuk membuat lei Hawaii. Aroma kuat bunganya mirip dengan pohon sweetshade. Selain putih, mekarnya memiliki berbagai corak, termasuk merah dan merah muda, kuning dan oranye, dan campuran semua warna.

Begonia

Meskipun sebagian besar bunga begonia tidak beraroma, tapi beberapa varietas seperti ‘tea rose’ dan varietas begonia odorata seperti 'Angelique' memancarkan aroma yang memikat. Sirami dan pupuk begonia Anda secara teratur di musim semi dan musim panas untuk memastikan bunga tetap subur.