Peperomia Watermelon, Begini Trik Merawatnya agar Tumbuh Subuh
Ilustrasi (Ekaterina Bolovtsova/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Tanaman hias peperomia watermelon atau yang memiliki nama ilmiah Peperomia argyreia tengah populer di kalangan pecinta tanaman hias. Corak daunnya yang unik dan pertumbuhan daun yang kompak menjadi daya tarik yang dimiliki oleh tanaman ini.

Peperomia watermelon merupakan tanaman tropis yang bisa beradaptasi dengan sangat baik jika diletakkan di dalam ruangan. Selain itu, tanaman ini juga tidak beracun bagi hewan peliharaan di rumah, seperti kucing dan anjing.

Peperomia watermelon juga merupakan tanaman hias indoor yang mudah dirawat. Anda perlu memastikan untuk menjaga kelembapannya. Selain kelembapan, ada beberapa hal penting lainnya yang tidak boleh dilupakan agar Anda mendapatkan hasil terbaik dari tanaman ini.

Dilansir dari The Spruce, Kamis, 25 Agustus, berikut cara merawat tanaman hias peperomia watermelon.

Cahaya

Letakkan tanaman hias peperomia watermelon di tempat dengan intensitas cahaya matahari rendah ke sedang. Jangan taruh tanaman hias ini di bawah sinar matahari terlalu lama, sebab daun tanaman ini mudah menguning. Cukup letakkan sesekali di bawah sinar matahari selama 3-5 menit untuk menghindari pertumbuhan daun yang kecil.

Tanah

Peperomia tumbuh dengan baik di tanah dengan tekstur lembab. Hindari menanam peperomia di tanah yang dipergunakan khusus untuk menanam kaktus dan succulent karena tekstur tanahnya berbeda. Anda juga bisa mencampurkan media tanam peat moss atau gambut mutiara dan perlit dengan perbandingan 1:1 untuk menanam peperomia watermelon.

Air

Peperomia watermelon merupakan tanaman hias yang sensitif jika terlalu basah atau terlalu kering. Tanaman ini lebih menyukai kelembapan. Anda juga tidak boleh membiarkan tanaman hias peperomia mengering atau terendam di air untuk waktu yang lama.

Suhu dan Kelembaban

Peperomia watermelon tumbuh dengan baik dalam kondisi hangat dan sedikit lembab. Suhu dan tingkat kelembaban dalam rumah cukup untuk tanaman tropis ini. Makanya, tanaman ini cocok dijadikan tanaman hias dalam rumah. Pastikan peperomia Anda dijauhkan dari ventilasi atau jendela berangin yang dapat membuat udara di sekitar tanaman jadi kering.

Pupuk

Untuk menghasilkan daun peperomia watermelon yang lebat, pemupukan secara teratur wajib dilakukan di masa pertumbuhan tanaman. Gunakan pupuk cair setiap 2 hingga 4 minggu selama musim musim panas.