5 Rekomendasi Tanaman Gantung untuk Menghias Jendela Rumah
Ilustrasi tanaman gantung (Pexels/Min An)

Bagikan:

JAKARTA – Apabila tak memiliki ruang yang luas dalam rumah, Anda dapat meletakkan hiasan gantung untuk menghemat tempat. Termasuk dapat menghias jendela rumah dengan tanaman hias.

Dilansir dari My Domaine, Kamis, 8 April, Christopher Satch seorang pakar tumbuhan di The Sill dan profesor di New York Botanical Garden mengatakan bahwa Anda dapat menyesuaikan jenis tanaman dengan tempat menggantungnya.

Apakah itu tempat yang terpapar cahaya maupun gelap dan lembab, Anda dapat merespons ruangan tersebut serta menyesuaikan jenis tanaman yang cocok digantung di sana. Untuk tempat yang cukup cahaya dan udara seperti jendela, berikut rekomendasi tanaman yang mampu memanjakan mata.

Tillandsia atau air plants

Untuk dekorasi dalam rumah, tanaman yang kerap dikenal dengan air plants ini cocok sekali. Tillandsia dapat hidup di ruangan yang terang dengan paparan cahaya tak langsung. Menariknya lagi, tanaman dengan bentuk daun lancip memanjang ini mampu tumbuh dimanapun.

rekomendasi tanaman gantung
Ilustrasi air plants dalam botol (Unsplash/Severin Candrian)

Tilandsia termasuk tanaman epifit atau hidup menumpang pada tanaman lain. Tetapi, untuk menghias rumah dengan air plants maka dapat memakai serbuk kayu maupun batang kayu yang hampir lapuk. Dapat juga mencampurkan tanah dengan sabut kelapa sebagai media tanamnya.  

 

Kemudian, Anda cukup meletakkan media tanam dalam pot dan menggantungkannya dengan anyaman tali di depan jendela. Jangan lupa menyiram seminggu sekali. Apabila Anda memiliki hewan peliharaan, tanaman ini tergolong aman atau tidak beracun.

Paku sarang burung

Tumbuhan dengan nama botani Asplenium nidus atau dikenal populer dengan sebutan paku sarang burung dapat tumbuh besar dan meninggi jika ditanam di tanah khususnya daerah tropis.

rekomendasi tanaman gantung
Ilustrasi paku sarang burung (Unsplash/Severin Candrian)

Spesies flora ini adalah tanaman gantung yang manis, sebab daunnya bergelombang dan tumbuh sesuai arah matahari. Tanaman hias paku sarang burung lebih menyukai ruangan yang lembab. Anda bisa meletakkannya di jendela tanpa paparan cahaya langsung, di atas wastafel maupun di kamar mandi.

 

Peperomia

Agar peperomia subur dan berdaun lebat, Anda perlu meletakkannya di ruangan yang terang tetapi tidak terpapar matahari langsung. Peperomia dikenal sebagai tanaman favorit sebab bentuknya beragam dan mudah tumbuh.

rekomendasi tanaman gantung
Ilustrasi peperomia (Unsplash/Severe Candrian)

 

Bentuk daunnya bulat dan ‘berdaging’ sehingga menyimpan air. Menurut Satch, bagi Anda yang memiliki jedela menghadap ke utara dan timur sangat bagus sebab tidak terpapar sinar matahari langsung.

 

Philodendron Silver

Tanaman ini ada berbagai spesies. Untuk tanaman gantung, Anda dapat memilih philodendron silver dengan ciri tanaman merambat dan warna daun hijau tua dengan bercak perak. Tanaman ini dapat menjuntai indah ketika mulai tumbuh.

rekomendasi tanaman gantung
Ilustrasi philodendron silver (Unsplash/Severe Candrian)

 

Phiodendron silver membutuhkan ruangan terang dan sama seperti tanaman gantung sebelumnya, tidak bisa terpapar cahaya matahari langsung.

 

String of hearts

String of hearts memiliki nama botani Ceropegia woodii dan tergolong sebagai tanaman sulur. Tumbuhan ini juga tergolong succulents. Cirinya memiliki batang tipis dan dauh yang subur bentuknya seperti hati.

rekomendasi tanaman gantung
Ilustrasi string of hearts (Unsplash/Severe Candrian)

 

Dibanding dengan tanaman succulents lainnya, string of hearts butuh disiram lebih sering tetapi tidak suka dengan media tanam air.

 

Dari kelima rekomendasi tanaman hias di atas, mana yang paling cocok menggantung di jendela rumah Anda? Pilihlah sesuai selera dan rawatlah dengan suka cita.