Rekomendasi 5 Tanaman Hias <i>Indoor</i> Berwarna Merah
Ilustrasi tanaman hias indoor berwarna merah (Unsplash/Jessica Fadel)

Bagikan:

JAKARTA – Warna merah menyimbolkan kesan hangat dan peningkatan energi hidup. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kesan simbolik dari warna merah, Anda bisa mendekorasi ruangan di rumah dengan tanaman hias yang berwarna merah.

Sebelum memilih rekomendasi tanaman hias indoor berwarna merah di bawah, Raffaelle Di Lalo, penulis dan pendiri Ohio Tropics menyarankan suhu tepat untuk ruangan Anda. Terutama jika ingin merawat tanaman hias dan berbunga, saran Di Lalo, letakkan tanaman yang terpapar matahari atau dekat jendela dan dalam suhu 18-24 derajat Celcius.

Nah, berikut rekomendasi tanaman hias indoor dengan bunga atau daun berwarna merah. Tertarik untuk menanamnya untuk mempercantik dekorasi rumah?

1. Gesneriads

Tanaman hias indoor rekomendasi pertama berdaun hijau dan berbunga merah. Dikenal dengan sebutan tanaman lipstik atau African violet. Biasanya ditanam di pot lalu digantung menghias jendela. Seperti saran Di Lilo, usahakan mendapatkan paparan cahaya meski diletakkan dalam ruangan bersuhu sedang.

2. Anthurium

Tanaman anthurium pernah sangat populer hingga harganya meroket. Daunnya hijau, tetapi bunganya seperti lilin dan berwarna merah seolah memberikan energi positif pada seisi rumah. Nah, perlu hati-hati jika meletakkan anthurium di dalam rumah. Sebab semua bagian dari tanaman hias ini beracun atau tidak bersifat edible.

3. Hibiscus

Selain anthurium, hibiscus juga memiliki bunga berwarna merah. Tanaman indoor yang satu ini membutuhkan banyak terpapar sinar matahari. Artinya bisa diletakkan di jendela atau balkon yang terkena matahari pada pagi atau sore hari.

4. Poinsettia

Berbeda dengan rekomendasi sebelumnya, poinsettia kerap ditemukan dan banyak diminati saat mendekati hari Natal. Yang berwarna merah bukan bunganya, tetapi daunnya yang paling atas atau paling muda berwarna merah dan berangsur hijau.

Baiknya, tanaman poinsettia bisa selalu mewarnai dalam rumah Anda sepanjang tahun. Kalau bunganya, sebenarnya berukuran kecil dan butuh perawatan untuk selalu mekar.

5. Amaryllis

Bunga amaryllis atau amarilis berwarna-warni, tidak hanya merah. Anda bisa memilihnya sesuai selera, tetapi untuk dekorasi yang mencolok dan ‘menghidupkan’ ruangan, pilihlah yang berwarna merah.

Disamping rekomendasi di atas, ada tanaman hias indoor lainnya yang berwarna merah. Seperti begonia rex, coleus, keladi merah, dan aglonema suksom. Apabila meletakkan tanaman-tanaman tersebut di dalam ruangan, pastikan drainase pot baik supaya seimbang kelembapannya. Ditambah lagi, pupuk dan pangkas secara berkala.