Rekomendasi 10 Tanaman <i>Indoor</i> untuk Hias Meja Kerja
Ilustrasi meja kerja dihias tanaman indoor (Unsplash/Domenico Loia)

Bagikan:

JAKARTA – Tanaman bisa membuat ruangan terasa lebih nyaman dan tenang. Bahkan sejumlah tanaman bisa membersihkan udara dan meningkatkan mood bekerja.

Karena meja kantor berada dalam ruangan, Anda dapat mendekorasi ruangan dengan tanaman yang tidak membutuhkan banyak cahaya serta tak ribet mengurusnya.

Devil’s ivy atau sirih gading

Nama latin dari devil’s ivy atau sirih gading ialah Epipremnum aureum yang termasuk dalam kategori pohon anggur. Warna daunnya hijau dengan aksen putih tulang tak beraturan. Yang menakjubkan, kadang daunnya berbentuk hati dan berbagai ukuran.

Tanaman ini mudah sekali beradaptasi, tak harus terpapar cahaya matahari. Bahkan di tempat gelap dan lembap pun bisa tumbuh dengan subur apabila dirawat atau disiram tiga hari sekali.

Agar tampak cantik, Anda dapat menambah tiang kecil agar merambat melingkar dan vertikal.

Aglaonema

Tumbuhan aglaonema tentu tak asing bagi Anda. Berdasarkan asal kata, aglaonema dari bahasa Yunani, aglaos yang berarti ‘cerah’ dan nama artinya ‘benang’ atau ‘filamen’. Aglonema populer di Cina sebagai perlambang umur panjang.

Warna daunnya tidak hanya hijau, ada juga berwarna kombinasi hijau dengan merah dan perak. Mana warna daun aglaonema yang paling Anda sukai?

Ficus benjamina atau bonsai beringin

tanaman indoor
Ilustrasi ficus benjamina (Unsplash/Sarah Dorweiler)

Bonsai beringin atau ficus benjamina sering jadi tumbuhan yang difungsikan sebagai peneduh dan konservasi air. Dari keluarga ficus ada berbagai jenis bentuk tanaman. Bonsai beringin untuk hias meja kerja, tentu ukurannya bisa disesuaikan dengan besaran ruangan.

 

Beringin merupakan tanaman liar yang tumbuh di hutan tropis di kawasan India, Asia Tenggara, dan Australia Utara.

Zamioculcas zamiifolia

tanaman indoor
Ilustrasi zz plant atau zamioculcas zamiifolia (Unsplash/Pino Nguyen)

Namanya cukup sulit untuk diucapkan, tetapi tanaman ini memiliki ketahanan yang tinggi. Tak perlu sering disiram karena batang dan akarnya menyimpan air. Zamicioculcas zamiifolia juga bisa bertahan hidup dalam ruangan gelap berbulan-bulan.

 

Dilansir Gardenista, Rabu, 16 Juni, para peneliti dalam sebuah studi di NASA menemukan bahwa tanaman ini secara khusus mahir menghilangkan sejumlah besar racun dari udara seperti xilena, toluena, dan benzene.

Bromeliad

tanaman indoor
Ilustrasi bromeliad (Freepik/Wirestock)

Daunnya runcing dengan bunga warna-warni tentu bisa membuat suasana ruang kerja Anda berbeda. Tentunya meja tidak terlihat ‘kering’ ketika terduduk tanaman hidup di sana.

 

Bromeliad mungkin membutuhkan masa berbunga yang lama. Masa ini membutuhkan perawatan lebih tetapi tumbuhan hias ini tak perlu setiap hari disiram atau di pupuk. Sesekali berikan semprotan vitamin untuk mendorong masa berbunga.

Philodendron

tanaman indoor
Ilustrasi philodendron birkin (Unsplash/Noyo Plantes)

Ada berbagai varian tanaman hias indoor yang cocok untuk dekorasi meja kerja, termasuk varian philodendron. Mulai dari philodendron pink princess, marble, menanochrysum, black cardinal, gloriosum, hingga selloum.

 

Ukurannya pun beragam, Anda bisa memilih sudut ruang kerja mana yang akan dihias dengan tanaman ini. Jika di atas meja, pilih ukurannya yang tak terlalu besar. Tetapi jika ingin meletakkan pada pot standing, bisa memilih ukuran sedang.

Peace lily

Selanjutnya, tanaman dengan bunga berwarna putih atau disebut dengan peace lily bisa menghias tempat kerja Anda. Tanaman ini dikenal mampu membersihkan udara dan toleran dengan tingkat pencahayaan rendah.

Dracaena

Karena tanaman hias indoor artinya bisa hidup dalam ruangan tertutup dan perawatannya tidak merepotkan. Termasuk dracaena yang memiliki berbagai varian aksen warna.

Sansevieria

tanaman indoor
Ilustrasi lidah mertua di atas meja kerja (Unsplash/Roman Bozhko)

Dikenal dengan lidah mertua, sansevieria juga seperti rekomendasi tanaman hias lainnya. Tanaman ini ada berbagai warian corak, dan mampu bertahan hidup meski disiram seminggu sekali.

 

Succulents

Bentukya beragam, succulent juga bisa mewarnai meja Anda jika ditanam dalam pot cantik. Pilih warna favorit Anda dan perhatikan waktu tepat untuk menyiramnya. Yang pasti tidak perlu setiap hari karena jika media tanam atau tanah terlalu lembab, maka akar tanaman ini akan mudah membusuk.