Punya Tanaman Gantung Di Rumah? Begini 5 Cara Merawatnya
Ilustrasi (Angele Kamp/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bertanam tengah menjadi tren yang sangat digandrungi. Bagi Anda yang ingin mencoba bertanam tapi ragu karena lahan yang sempit, bisa mencoba tanaman gantung dan meletakkannya di teras atau depan jendela rumah. Bukan hanya akan meningkatkan estetika rumah, tapi juga Anda akan merasa semakin nyaman selama berada di rumah. Nah, sebelum berniat untuk mencoba, perhatikan dulu cara merawat tanaman gantung berikut:

Ketahui jenis tanaman hias

Umumnya, hampir semua tanaman bisa ditanam dalam pot sesuai keinginan Anda, namun beberapa tanaman dengan akar ekstensif atau panjang bisa merusak pot. Maka, penting untuk mengetahui secara detail jenis tanaman yang ingin di rawat.

Cari tahu juga detail perawatan sesuai jenisnya sehingga Anda tidak punya kesulitan di masa depan. Bagi pemula dan tidak ingin repot bisa memilih tanaman tropis karena karakternya yang tahan panas dan mudah beradaptasi terhadap lingkungan, seperti bunga sepatu, euphorbia, lili paris, dan fuschia.

Pilih pot sesuai karakter tanaman

Hindari memilih hanya karena tampilannya. Pot adalah hal krusial saat memilih tanaman hias.  Selain karena pot terdiri dari berbagai bahan seperti plastik, keramik, atau tanah liat, pemilihan pot yang tepat juga akan memengaruhi tingkat kelembaban yang tepat. Misal, Anda ingin menanam kantong semar, akan lebih baik jika Anda menggunakan pot dari tanah liat karena karakternya yang lebih tepat.

Sesuaikan tali gantungan

Saat memilih tali untuk tanaman gantung, bukan hanya berdasarkan dari kekuatan, tapi juga keindahan. Sebaiknya Anda tidak menggunakan tali biasa agar pemandangan rumah terlihat lebih cantik dan Instagram-able.

Letakkan di area sejuk

Pilih area sejuk dan terlindung dari sinar matahari langsung untuk meletakkan tanaman gantung sehingga pertumbuhannya lebih maksimal. Namun, pastikan tetap melakukan penyinaran rutin selama 1-2 jam setiap pagi hari. Perhatikan juga letak tanaman gantung agar tidak berdekatan dengan lalu-lalang orang di rumah. Hal ini untuk menghindari adanya benturan antara pot dan orang yang lalu-lalang.

Memangkas dengan rutin

 

Bentuk perhatian lainnya adalah dengan memangkas tanaman secara rutin agar terlihat cantik. Luangkan waktu untuk melakukan pemangkasan dan pastikan Anda hanya memotong bagian yang bisa dikontrol seperti ranting, batang, hingga daun. Proses ini juga penting dilakukan saat tanaman terkena hama sehingga menghindari penyebaran hama ke bagian tanaman lain. Selain itu, Anda juga bisa mengajak ngobrol tanaman sehingga pertumbuhannya semakin subur.