7 Tanaman Bunga yang Tahan Panas dan Hujan
Ilustrasi tanaman bunga yang tahan panas dan hujan (Unsplash/Renee Fisher)

Bagikan:

JAKARTA – Berbagai jenis tanaman bunga, perlu dirawat dengan baik. Bahkan perlu dipilih sesuai dengan cuaca di kawasan tinggal. Di Indonesia beriklim tropis, tentu jadi lebih susah untuk memilih tanaman sebab hampir semua tanaman hias bisa tumbuh dengan subur di kawasan dua musim.

Apakah Anda tertarik merawat tanaman bunga yang tahan panas dan hujan? Berikut rekomendasi tanaman berbunga warna-warni yang bisa menghias outdoor rumah Anda.

1. Passiflora

Dilansir Gardening Chores, passiflora merupakan tanaman tahan banting yang bisa tumbuh dalam segala musim. Sebagian besar spesies tanaman bunga passiflora berasal dari Amerika Selatan dan Meksiko. Spesies yang paling terkenal adalah Passiflora caerulea dengan warna biru.

Passiflora juga termasuk tanaman hias outdoor yang mudah dirawat, seperti ditanam di gazebo, tanaman pagar, dan yang paling menyenangkan, buahnya enak untuk dimakan. Yang perlu diperhatikan ketika merawatnya di rumah, jaga dari tiupan angin kencang dan jaga tanah tetap lembab supaya lekas berbunga.

2. Teratai

Membuat bunga teratai rajin berbunga memang butuh ketelatenan dalam merawatnya. Kecantikannya tidak hanya pada bunga, teratai tetap di hati sebab memiliki daun berlilin berbentuk bulan yang juga indah. Tumbuhnya di air sehingga bisa menghias kolam depan rumah. Ini juga membuat tanaman bunga ini tahan terhadap panas matahari.

3. Melati

tanaman bunga yang tahan panas dan hujan
Ilustrasi tanaman bunga melati (Unsplash/Avin CP)

 

Tanaman bunga yang tahan panas dan hujan selanjutnya adalah melati. Tanaman ini memiliki nama iliah Jasminium Ssp. yang kerap ditanam sebagai pagar kawasan, taman kota, maupun tanaman gantung.

Paling direkomendasikan menanam melati dengan tanah berpori dan pH antara 6,1 hingga 7,5. Selain berwarna putih, terdapat juga bunga melati berwarna merah muda. Anda tertarik merawat yang warna apa?

4. Magnolia

Bunga magnolia atau dikenal juga dengan bunga cempaka memendarkan aroma harum. Tanaman ini dianggap eksotis, sebab warna terlihat anggun. Tanaman bunga magnolia tidak hanya berwarna putih, ada pula yang berwarna merah muda dan keunguan. Belum lagi daunnya mengkilat jika dimandikan hujan.

Jangan khawatir dengan perubahan musim antara kemarau ke musim hujan. Tanaman magnolia bisa tahan panas dan dingin, bahkan tanaman magnolia bisa tumbuh liar. Atau tanpa perawatan khusus pun, ia bisa berbunga tepat pada waktunya.

5. Hibiscus atau kembang sepatu

Tanaman tropis ini menyimbolkan keramahan Hawaii. Kembang sepatu bisa tumbuh dan berbunga dengan mudah. Artinya, Anda enggak perlu ribet dalam merawatnya tetapi tetap lakukan perawatan berkala seperti menyiram rutin, pemupukan, pemangkasan, dan repotting ketika telah tumbuh lebat.

6. Bird of Paradise

Daun tanaman bunga bird of paradise atau dikenal dengan burung cendrawasih berwarna hijau muda. Bunganya berbentuk menyerupai kepala burung, daunnya panjang, dan membangun dimensi arsitektural jika ditanam di depan rumah Anda.

Terdapat 5 spesies yang kerap dirawat di rumah, antara lain Strelitzia reginae, Strelitzia caudata, Strelitzia alba, Strelitzia nicolai, dan Strelitzia juncea. Warnanya putih kebiruan, putih, biru dan putih, dan oranye.

7. Bougainville

Bougainville bukan tanaman bunga yang asing. Banyak rumah-rumah memakainya sebagai pergola. Termasuk sebagai tanaman yang merambat seperti pohon anggur. Tanaman bunga bougainville juga tahan panas dan hujan. Jika tak rajin memangkasnya, bougainville bisa tumbuh meninggi hingga 12 meter.

Bouganville sangat kuat, bahkan tanpa perawatan khusus. Untuk Anda yang tinggal di kawasan perkotaan, bisa memilih tanaman bunga ini menghias depan rumah.