Bagikan:

JAKARTA - Kehadiran bunga di taman dapat memberi warna dan keindahan. Mendapatkan bunga yang tubuh subur dan mekar memerlukan penanaman dan perawatan tepat. Namun, menanam bunga memiliki tantangan, terlebih pada musim panas.  Misalnya, suhu yang dibutuhkan tanaman. Faktanya, beberapa tanaman bunga tidak terlalu menyukai lingkungan bersuhu tinggi sehingga rentan layu. Untungnya, ada beberapa bunga yang mampu bertahan saat musim panas, bahkan tumbuh subur jika suhu sedang naik.

Dilansir dari The Spruce, Kamis, 22 Agustus, berikut bunga yang cocok ditanam pada musim panas.

Black-eyed Susan

Dikenal juga sebagai "Rudbeckia," bunga ini memiliki warna yang bervariasi dari kuning cerah hingga jingga tua. Bunga abadi ini mekar hingga selebar 4 kaki pada batang yang kuat, dan sangat cocok untuk campuran rangkaian bunga. 

Kembang Sepatu

Kembang sepatu merupakan salah satu tanaman klasik dan tanaman penting secara keagamaan karena digunakan dalam beberapa pemujaan acara Hindu. Kembang sepatu sangat menyukai kondisi hangat dan lembap serta dapat bertahan hidup pada kondisi drainase tanah yang sangat baik. Tanaman ini berbunga dengan baik pada musim panas, tapi ketika musim dingin tiba, pastikan  memindahkan tanaman ke dalam ruangan.

Bougenville

Bunga bougenville yang memiliki nama ilmiah Bougainvillea adalah jenis tanaman hias yang cukup populer. Memiliki banyak jenis dan warna bunga, tanaman hias juga digemari karena perawatannya yang cukup mudah. Bunga bougenville juga akrab dengan nama Bunga Kertas di Indonesia karena kelopaknya yang tipis dan seperti kertas.

Bunga Dahlia

Dahlia merupakan bunga nasional Meksiko. Tanaman bunga menyukai musim panas, tetapi tidak tumbuh baik pada musim dingin. Dahlia membutuhkan drainase tanah yang baik dengan kondisi sinar matahari parsial. Namun, keberadaan bunga dahlia mengundang kehadiran kumbang Jepang. Serangga ini harus disingkirkan karena dapat merusak tanaman. Jadi, segera menyingkirkan kumbang Jepang dari bunga dahlia secara manual. Selain itu, tanaman dahlia tidak membutuhkan banyak air, tapi harus dipupuk minimal sebulan sekali. 

Bunga Aster

Bunga aster (Bellis perennis) merupakan tanaman musim panas yang memiliki lebih dari 20.000 jenisada. Setiap varietas memiliki ciri khasnya sendiri termasuk warna, bentuk bunga, dan jumlah kelopak yang menyerupai sinar matahari. Bunga aster tidak tahan terhadap tanah basah, tetapi dapat beradaptasi dengan jenis tanah. Bunga aster tahan terhadap kekeringan dan sebagian besar hama serangga tidak mengganggunya. Bunga aster memiliki aroma seperti herba lembut yang menarik kupu-kupu.

Bunga Terompet

Bunga terompet adalah tanaman tahunan yang tumbuh cepat dan berbentuk besar seperti terompet dan disukai burung kolibri. Tanaman ini tumbuh hingga 40 kaki dan kultivarnya telah dibiakkan untuk menghasilkan warna berbeda seperti merah, kuning, dan oranye. Tanaman ini dapat menyebar secara agresif tetapi tidak demikian di daerah dengan suhu musim panas yang lebih dingin.

Bunga Soka

Jika berbicara tentang karangan bunga, tidak ada yang lebih baik dari bunga ixora atau lebih dikenal dengan nama bunga soka. Bunga soka ini termasuk semak cemara yang dapat bertahan hidup pada iklim sejuk maupun hangat. Bunga soka termasuk tanaman tahunan yang memiliki bunga dalam berbagai warna, seperti pink, oranye, dan merah. Tanaman ini memiliki daun indah, seperti kulit mengkilap, cukup kaku dan lonjong. Bunga soka tumbuh dalam kondisi drainase yang baik dan sinar matahari penuh.