Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak cara membangun suasana rumah yang sejuk meskipun saat musim kemarau. Salah satunya dengan menanam tanaman hias yang efektif menyerap karbon dioksida. Tanaman tersebut memiliki pori-pori daun yang efektif mengurangi karbon dioksida pada udara sekitar rumah untuk fotosintesis. Proses penyerapan ini disebut evapotranspirasi dan mendinginkan tanaman sama seperti transpirasi pada manusia. Karena proses tersebut, suhu udara di rumah menurun dan mengurangi panas. Tanaman apa saja itu? Berikut ini daftarnya.

1. Rubber tree

Tanaman ini mudah sekali tumbuh di banyak kawasan di Indonesia. Spesies tanaman rubber tree menyerap air melalui akar kemudian melepaskan kelembapan melalui pori-pori yang terletak di bawah daunnya. Nah, semakin banyak daun yang dimiliki tanaman ini, semakin banyak kelembapan yang dilepaskan. Tetapi saat menanamnya di rumah, letakkan tanaman hias berdaun tebal ini di tempat yang teduh. Ini karena pohon karet membutuhkan ruangan yang terang tetapi tidak tahan terpapar langsung matahari terik.

2. Pakis Boston

Anda tentu familiar dengan tanaman cantik ini. Biasanya ditanam sebagai tanaman gantung. Selain menyejukkan, tanaman ini dapat menyedot formaldehida, xilena, dan toluena dari udara. Pakis lebih menyukai tempat teduh yang parsial. Mereka menyukai sinar matahari pagi dan sore, tetapi tak bisa bertahan terkena paparan matahari terik. Perlu diketahui, tanaman ini membutuhkan penyiraman yang melimpah, tanah berkualitas, dan ruang yang luas untuk tumbuh.

tanaman yang bisa menyerap panas
Ilustrasi tanaman yang bisa menyerap panas (Freepik/user27955914)

3. Sansevieria

Dikenal popular sebagai tanaman lidah mertua, tanaman ini memiliki kemampuan menjernihkan udara dan mengatur suhu ruangan. Spesies ini sangat tahan terhadap kondisi lingkungan yang kurang baik, seperti udara kering dan panas, kekurangan air, dan sedikit cahaya. Disarankan untuk menyiram hanya ketika media yang terakhir digunakan mengering.

4. Pothos

Tanaman merambat ini mampu mengatur suhu, serta menghilangkan polutan dalam ruangan seperti formaldehida, xilena, dan benzena. Sebagai tanaman dalam ruangan, tingginya bisa mencapai beberapa meter jika diberi perawatan cukup. Hasil terbaik dicapai dengan menyediakan cahaya tidak langsung. Tanaman ini mentolerir luminositas yang intens, tetapi sinar matahari langsung dalam waktu lama akan membakar daun. Umumnya hanya perlu disiram saat tanah terasa kering jika disentuh.

5. Spider ivy

Tanaman ini merupakan tanaman yang dapat meningkatkan kualitas udara dan menyerap panas dengan cepat untuk menyeimbangkan suhu ruangan pada tempatnya diletakkan. Dalam ruangan, idealnya menempatkan di lokasi yang terang namun tidak terkena sinar matahari langsung. Tanaman cantik ini, hanya membutuhkan dua kali penyiraman dengan air lebih banyak setiap minggu. Namun pada musim hujan, hanya perlu disiram sekali seminggu saja.

tanaman yang bisa menyerap panas
Ilustrasi tanaman yang bisa menyerap panas (Freepik/lifeforstock)

6. Aloe vera

Tanaman yang tampak tajam ini, banyak sekali manfaatnya untuk perawatan. Gelnya baik untuk perawatan rambut dan kulit. Memelihara tanaman lidah buaya sangatlah sederhana karena merupakan tanaman yang hanya membutuhkan sedikit perawatan.

Anda hanya bisa menyiramnya jika tanah terlihat kering. Penyiraman di musim dingin, tidak lebih dari sebulan sekali. Ini membutuhkan banyak cahaya, jadi penting bagi Anda untuk meletakkannya di tempat yang paling banyak menerima sinar matahari, misalnya di dekat jendela.

7. Peace lily

Peace lily dikenal sebagai tanaman bunga bakung, yang bunganya memendarkan aroma harum. Tanaman ini juga mampu menyerap kelembapan berlebih sehingga menormalkan suhu. Agar dapat berkembang dalam kondisi sempurna, letakkan di tempat yang hangat, jauh dari sinar matahari langsung. Siram dengan air untuk menjaga tanah tetap lembab. Anda dapat mengisi penyemprot dan menyiramnya setiap hari.

tanaman yang bisa menyerap panas
Ilustrasi tanaman yang bisa menyerap panas (Freepik/wirestock)

8. Aglonema

Tanaman aglonema adalah tanaman yang tumbuh subur dengan mudah. Umumnya tumbuh kurang dari setengah meteran dan membantu menghilangkan racun berbahaya dari udara rumah tangga. Pada saat yang sama, ia melembabkan di dalam ruangan dan mendinginkan suhu. Ada banyak jenis daun tanaman ini. Jika tujuan Anda adalah untuk menyejukkan lingkungan, pilihlah yang dedaunannya rimbun. Penting untuk diperhatikan bahwa daunnya mengandung bahan iritan yang dapat menjadi racun bagi hewan peliharaan.

Di atas ialah delapan tanaman yang membantu menyerap panas dan membuat rumah Anda terasa lebih sejuk. Anda bisa menanamnya di dalam rumah, bisa pula diletakkan di teras maupun halaman depan rumah.