Menurut Feng Shui, 10 Tanaman Ini Bisa Bawa Keberuntungan di Rumah
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Merawat tanaman di rumah memiliki berbagai manfaat, yakni sebagai dekorasi hingga membersihkan udara di dalam ruangan. Namun, beberapa tanaman juga diyakini membawa keberuntungan dan kekayaan di rumah.

Dikutip dari Reader’s Digest, Senin, 11 September, berikut beberapa tanaman pembawa keberuntungan dan kekayaan di rumah menurut feng shui.

Bambu

Bambu dikenal karena daya tahannya di musim apapun. Karena daunnya yang jarang rontok, tanaman satu ini melambangkan keberanian di tengah kesulitan. Memberikan kekuatan dan dukungan, ini adalah salah satu dari sedikit tanaman keberuntungan yang dapat mendatangkan kekayaan dan rejeki.

Untuk menarik keberuntungan, letakkan tanaman bambu di permukaan yang mudah terlihat. Ini adalah tanaman yang mudah dirawat. Karena bambu hanya membutuhkan cahaya matahari dan intensitas penyiraman yang rendah, bambu dapat ditempatkan di mana saja di dalam ruangan rumah maupun kantor.

Basil

Apakah Anda suka memasak di rumah? Basil merupakan salah satu tanaman herbal yang punya simbol keberuntungan dan kesehatan secara umum. Menurut pengobatan herbal holistik, basil dapat mengobati masuk angin, peradangan, dan melancarkan peredaran darah. Oleh karena itu, tanaman basil dipercaya dapat menangkal energi buruk.

Tanaman pembawa keberuntungan ini merupakan tanaman yang membutuhkan banyak sinar matahari dan air. Dan karena ini paling sering digunakan dalam memasak, Anda pasti ingin meletakkannya di dapur atau ruang makan serta mempelajari cara menyimpan herba dengan benar agar kesegarannya tetap terjaga.

Krisan

Bunga krisan mekar di akhir musim gugur dan awal musim dingin, menjadikannya lambang umur panjang. Bunga krisan, apalagi yang berwarna kuning menyerupai matahari, juga bisa mendatangkan kebahagiaan dalam rumah. Artinya tanaman pembawa keberuntungan ini tidak hanya melambangkan umur panjang, tetapi juga kesehatan, kebahagiaan, dan keharmonisan.

Meski sering dijadikan bunga potong yang diletakkan di dalam vas, tanaman ini bisa ditanam di dalam ruangan. Krisan, seperti warnanya yang cerah, membutuhkan kehangatan dan penyiraman secara teratur.

Chinese Money Plant

Ini adalah pilihan populer bagi pecinta tanaman dalam ruangan yang ingin menarik energi positif dan kekayaan ke rumah. Tanaman koin memiliki daun bundar yang menarik yang dapat menambah daya tarik dekorasi apa pun. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada suhu di atas 13 derajat celcius. Letakkan di dekat jendela terang yang menghadap ke barat, jauh dari sinar matahari langsung.

Fittonia

Fittonia merupakan salah satu tanaman keberuntungan yang mewakili pertumbuhan dan pembaruan. Meski kecil, tanaman ini memancarkan energi baik dan dapat mengimbangi energi negatif yang terkumpul di ruang yang jarang digunakan. Tanaman tropis ini paling cocok diletakkan dalam ruangan dengan sinar matahari tidak langsung.

Ivy

Ivy adalah tanaman penyaring udara yang bagus. Tanaman keberuntungan ini membawa kebahagiaan, kepositifan, dan energi pemulihan. Minim perawatan, ivy dapat bertahan hidup di tempat gelap, menjadikannya tanaman yang bagus untuk area yang menerima aliran energi sangat sedikit. Ivy dapat menghidupkan kembali ruangan, seperti bagian atas lemari dan sudut yang sulit dijangkau.

Jade

Tanaman jade sering dianggap sebagai tanaman uang karena bentuk daunnya bulat, menyerupai koin. Ada kepercayaan bahwa siapapun yang memelihara tanaman jade di dalam rumah, maka rezeki akan senantiasa mengalir.

Tanaman pembawa keberuntungan ini membutuhkan banyak sinar matahari namun tidak terlalu banyak penyiraman. Selain itu, warna daunnya dapat menunjukkan kualitas udara dalam ruangan, hijau berarti sehat dan kuning kurang sehat.

Philodendron

Dengan daunnya yang berbentuk hati, philodendron dapat membawa gairah yang membara ke dalam rumah Anda. Para ahli feng shui percaya bahwa ini melambangkan elemen api. Tanaman keberuntungan ini tumbuh dengan baik di sudut gelap dan merupakan tanaman gantung yang bagus.

Dan jika Anda membutuhkan inovasi, kreativitas, atau kecerdikan, ini adalah tanaman yang sempurna untuk dibawa ke ruang studio atau kantor saat energi sedang lemah atau inspirasi sudah habis.

Lidah Mertua

Disebut juga tanaman ular karena daunnya yang tampak licin ke atas, lidah mertua membawa energi perlindungan yang kuat. Dalam hal penempatannya, tanaman lidah ibu mertua paling cocok diletakkan di dekat pintu depan. Meskipun pinggirannya yang tajam tidak cocok untuk kamar tidur, namun bisa digunakan di ruang tamu.

Tanaman lidah mertua merupakan tanaman kuat yang hanya memerlukan sedikit perawatan dan hanya boleh disiram secara sporadis.

Tanaman laba-laba

Dengan bentuknya yang seperti pita, tanaman laba-laba dipercaya membawa keberuntungan karena daunnya yang kuat dan panjang secara alami. Daun tanaman melambangkan pertumbuhan, sedangkan bunga putihnya melambangkan kesucian.

Secara keseluruhan tanaman ini dipercaya membawa berumur panjang dan kestabilan penghuni rumah. Ini juga merupakan tanaman hias dalam ruangan yang dikenal dapat menghilangkan racun dari udara.