Rekomendasi 5 Tanaman Pembawa Rezeki dan Keberuntungan Menurut Feng Shui
Ilustrasi tanaman pembawa rezeki dan keberuntungan menurut feng shui (Pexels/Ekaterina Bolovtsova)

Bagikan:

JAKARTA – Aturan dalam feng shui dijadikan acuan untuk menempatkan perabotan dan pembagian ruang di rumah secara tepat sesuai aliran energi atau qi. Dengan memakai feng shui, energi baik membawa kesehatan, kebahagiaan, dan kemakmuran bagi orang yang tinggal di rumah tersebut.

Feng shui berkaitan erat dengan siklus alam, dilansir The Spruce, Selasa, 25 Januari. Meletakkan tumbuhan di dalam ruangan, merupakan salah satu cara untuk bekerja dengan energi alam di rumah Anda. Tumbuhan, membuat kita belajar banyak tentang siklus kehidupan. Dengan merawatnya, kita bisa mempraktikkan hidup penuh welas asih pada makhluk hidup.

Untuk menentukan daerah ‘kekayaan dan kelimpahan’ atau dalam bahasa Cina disebut dengan Xun, menurut praktisi feng shui, Anda perlu membayangkan satu hal. Cobalah berdiri di pintu masuk depan rumah sambil melihat ke dalam.

Bayangkan sebuah kotak 3x3 yang membentang di seluruh riangan Anda. Kemudian temukan sudut paling kiri dari katak itu. Sudut tersebut akan menjadi area Xun Anda. Menemukan area ‘kekayaan dan kelimpahan’ juga bisa dilakukan di kantor atau meja kerja yang mewakili karir Anda. Tanaman yang diletakkan di area rezeki dan keberuntungan, perlu mendapatkan cahaya, kelembapan yang pas, dan dirawat secara baik. Berikut rekomendasi tanaman untuk menghias area rezeki dan kekayaan.

1. Jade

Tanaman jade dikenal juga dengan tanaman giok. Pasalnya secara struktur daun mirip dengan giok. Tanaman ini tumbuh perlahan tetapi pasti tumbuh. Daunnya bulat dan menyimbolkan keberuntungan dalam budaya Asia Timur.

2. Pilea Peperomioides

tanaman pembawa rezeki menurut feng shui
Ilustrasi tanaman pembawa keberuntungan (Unplash/Matheus Kohler)

Dikenal juga sebagai tanaman koin, bentuk daunnya bulat seperti uang koin. Tanaman pilea peperomioides tidak membutuhkan tanah lembap. Anda hanya perlu menyiramnya saat media tanamnya kering saja atau rutin dua hari sekali. Tanaman ini juga bisa hidup dengan baik di dalam ruangan asalkan terpapar cahaya matahari meski tak langsung.

3. African violet

tanaman pembawa rezeki menurut feng shui
Ilustrasi tanaman pembawa rezeki menurut feng shui (Unsplash/Sixteen Miles)

Bunganya berwarna ungu, bentuknya mungil dan cantik. Maka disebut dengan tanaman African violet, daunnya sedikit berbulu. Warna bunga ungu, menurut feng shui berkaita dengan kelimpahan dan rezeki. Tanaman ini sebenarnya agak sulit dirawat, tetapi Anda bisa meluangkan waktu untuk merawatnya dengan baik.

4. Money tree

Money tree atau pachila aquatic, sering disebut dalam feng shui sebagai tanaman yang menyambut lebih banyak kemakmuran dan kelimpahan. Tanaman ini tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Batangnya sering dikepang, ini menyimbolkan umur panjang.

5. Rubber tree

Pohon karet atau rubber tree memiliki daun yang tebal, ukurannya besar, warnanya mengkilap yang mewujudkan kelimpahan. Beberapa varietas dari rubber tree berwarna sedikit keunguan, warna tersebut seperti yang dipaparkan di atas, berkaitan dengan kekayaan menurut feng shui.