Benarkah Snake Plant Bisa Bawa Hoki Jika Diletakkan dalam Rumah? Cek Faktanya Menurut Feng Shui
Ilustrasi Snake Plant (Duong Nhan/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah snake plant yang Anda letakkan dalam rumah bisa membawa keberuntungan atau justru keburukan? Rupanya, menurut feng shui tanaman hias populer ini mendapat reputasi buruk. Melansir The Spruce, Kamis, 27 Januari, berikut beberapa hal yang perlu diingat jika Anda memiliki snake plant di rumah.

Snake plant atau Dracaena trifasciata, adalah tanaman dengan daun runcing panjang yang mengarah ke atas. Dedaunannya punya warna beragam, dari hijau tua, hijau muda, hingga kuning. Karena memiliki daun yang menjulang kokoh dan memiliki motif seperti ular, tak ayal jika tanaman ini disebut snake plant.

Snake plant tidak membutuhkan banyak air sehingga Anda tak perlu sering-sering menyiramnya. Tanaman ini juga dapat tumbuh di berbagai kondisi cahaya sehingga menjadikannya tanaman yang bagus untuk pemula serta baik menurut feng shui. Mengapa? Karena tanaman feng shui yang baik masuk dalam kategori tanaman yang mudah dirawat. Meski jarang disiram, tanaman baik menurut feng shui dapat tumbuh subur dan menambah energi positif.

Mungkin Anda pernah mendengar jika tanaman yang sebaiknya dihindari pemeliharaannya dalam rumah menurut feng shui adalah jenis tanaman berduri dan daun runcing seperti snake plant. Meski ini adalah anjuran umum, namun tidak sepenuhnya benar.

Snake plant dan tanaman runcing lainnya dapat membawa energi positif menurut feng shui jika diletakkan di posisi yang tepat. Ada tempat-tempat tertentu yang perlu Anda hindari menempatkan tanaman berdaun runcing dan tajam, seperti di pintu masuk depan. Biasanya, tanaman berdaun bulat paling cocok untuk area ini sebab membantu menyerap energi baik untuk dialirkan ke dalam rumah.

Berdasarkan feng shui, snake plant adalah contoh bagus dari elemen kayu Yang, yang mewakili pertumbuhan dan qi menandakan energi vital. Arah qi kayu adalah ke atas, dan bentuk serta pertumbuhan snake plant benar-benar mewujudkan hal ini. Daun berbentuk pedang juga memotong energi negatif, yang dapat bermanfaat dalam banyak hal.

Snake plant sangat bagus diletakkan pada area di mana Anda ingin mengangkat qi atau meningkatkan energi karena daunnya yang kuat dan tumbuh ke atas. Tanaman ini juga bisa menjadi tambahan untuk area mana pun di rumah yang Anda rasa seperti ada energi macet dan negatif. Snake plant dapat memotong energi ini dan membawa eneri qi kayu vital dan membangkitkan semangat.

Anda juga bisa menempatkan snake plant menurut feng shui bagua. Feng shui bagua adalah peta konseptual yang diletakkan di atas ruang dengan delapan area atau arah di sekitar pusat. Setiap bagian bagua memiliki banyak lapisan makna, tetapi pada tingkat yang paling dasar, masing-masing sesuai dengan bidang kehidupan tertentu. Anda mungkin ingin menempatkan snake plant di area yang membawa keharmonisan keluarga, kekayaan, atau ketenaran di rumah.

Semua area feng shui bagua ini didukung oleh energi kayu, dan menambahkan snake plant merupakan cara tepat untuk meningkatkan elemen kayu di area ini. Jika Anda berniat menambah tanaman ke sebuah ruangan agar makin hoki, maka cara terbaik yaitu dengan membeli tanaman baru dibandingkan memindahkan tanaman lama dari satu ruang ke ruangan lain.