Untuk Tanaman Hias <i>Indoor</i>, Ini Manfaat Meletakkan Arang dalam Potnya
Ilustrasi arang untuk tanaman hias (Unsplash/FitNish Media)

Bagikan:

JAKARTA – Menambah dekorasi dalam ruangan dengan tanaman hias efeknya positif. Apabila tanaman yang dipajang bermanfaat membersihkan udara, maka membuat udara ruangan tersebut terasa segar. Efek lainnya, berdasarkan feng shui tanaman dalam ruangan baik untuk menyeimbangkan energi.

Selain meletakkan tanaman hias, tentu Anda perlu mengetahui cara merawatnya dengan baik. Alih-alih memberikan penyiraman sesuai kebutuhan tanaman, kadang saking sayangnya jadi kebanyakan dan keseringan menyiramnya.

Ini salah satu manfaat arang yang diletakkan dalam pot tanaman hias indoor. Arang bisa mengurangi overwatering atau penyiraman yang berlebihan. Beberapa tanaman tidak menyukai tanah yang lembab.

Tanah yang lembab juga potensial ditumbuhi jamur, tempat bakteri berkembangbiak, dan pembusukan pada akar.

Media tanam untuk tanaman hias indoor juga bisa dicampurkan dengan arang sekam. Arang sekam ini dari sekam yang dibakar dan mengandung zat-zat baik untuk pertumbuhan tanaman. Selain baik dipakai untuk tanaman hias, arang sekam juga kerap dipakai sebagai campuran kompos di lahan pertanian.

Untuk tanaman, paling banyak dipakai jenis arang sekam, arang batok atau tempurung kelapa, arang kayu, dan arang serbuk kayu. Dari jenis-jenis arang tersebut, selain mengatasi overwatering pada tanaman hias dalam rumah juga bermanfaat sebagai berikut ini:

  1.      Menjaga pH tanah atau media tanam tetap seimbang
  2.         Membersihkan pestisida
  3.         Menjaga kelembapan tanah
  4.         Melindungi tanaman dari infeksi jamur.

 

Dilansir laman Dinas Pertanian Tulang Bawang, Selasa, 13 Juli, arang sekam juga memiliki manfaat yang banyak tak diketahui, antara lain sebagai berikut:

  1.          Menjaga kondisi tanah tetap gembur
  2.  .       Memacu pertumbuhan mikroorganisme yang bermanfaat bagi tanaman
  3.          Sebagai absorban untuk menekan jumlah patogen berbahaya, dan terakhir
  4.          Meningkatkan daya serap dan daya ikat tanah terhadap air.

 

Nah, dari manfaat di atas tak ada ruginya menambahkan arang pada pot tanaman Anda di rumah. Apabila tidak memungkinkan menambahkan arang sekam, bisa menambahkan bagian permukaan media tanam dengan arang kayu.

 

Selain bermanfaat untuk membuat tanaman hias tumbuh subur jauh dari masalah, arang kayu juga bisa menambah lebih dekoratif.