Diletakkan <i>Indoor</i> Maupun <i>Outdoor</i>, Begini Cara Merawat Tanaman Syngonium
Ilustrasi tanaman syngonium (Unsplash/Jungle Space)

Bagikan:

JAKARTA – Dalam merawat tanaman perlu mengetahui kebiasaan jenis tanaman yang dirawat. Mulai dari baik diletakkan di dalam ruangan atau luar ruangan, penyiraman, intensitas cahaya yang menyinari, kapan butuh dipupuk, hingga bagaimana mengatasi hama jika terpapar.

Tanaman dengan nama botani syngonium masuk dalam keluarga Araceae. Tanaman ini tumbuh merambat dan populer menghias ruangan dalam rumah. Tetapi bukan berarti tak cantik jika diletakkan di luar ruangan. Hanya saja perlu perlakuan yang berbeda sesuai tempat meletakkannya.

Tumbuhnya daun syngonium menyebar ke segala arah. Tidak tumbuh pada satu titik saja, tetapi pada akhirnya batang akan memanjang dan membutuhkan tempat merambat. Tetapi apabila Anda menyukai bentuk syngonium yang rimbun, batangnya bisa dipangkas secara berkala.

Karakter lainnya, tanaman cantik dengan berbagai spesies ini tahan cahaya redup. Bisa tumbuh dengan media tanam apapun, termasuk air.

Yang paling penting untuk diperhatikan, tanaman ini beracun apabila enggak sengaja dimakan. Artinya, letakkan syngonium secara bijak. Jangan sampai meracuni hewan peliharaan maupun jadi mainan buah hati Anda.

Syngonium yang paling populer spesiesnya yaitu syngonium podophyllum dan dibedakan berdasarkan coraknya, antara lain pink allusion, strawberry cream, neon robusta, imperial white, berry allusion, dan panted arrow.

Cara merawat tanaman syngonium, ada 2 macam cara yang dibedakan sesuai letaknya. Berikut pemaparan lengkapnya.

Cara Merawat Syngonium Indoor

Paling membahagiakan ketika melihat tanaman syngonium dengan berbagai motif variegata tumbuh dengan subur. Bagi Anda yang meletakkan syngonium dalam ruangan atau indoor, perhatikan seberapa tepat intensitas cahaya yang menyinarinya.

Syngonium sangat toleran dengan cahaya sangat redup, bahkan dalam ruangan gelap. Tanaman dengan motif merah, merah muda, silver, putih, dan hijau muda ini asalkan tidak terpapar langsung matahari, masih bisa tumbuh dengan subur.

Penyiraman cukup dilakukan dengan memperhatikan media tanamnya. Jika media tanamnya campuran tanah, siram jika kering. Perhatikan juga potnya, pilih pot dengan drainase sempurna.

tanaman syngonium
Ilustrasi syngonium white pearl (Pexels/The Nomad Photographr)

Biasanya, syngonium di dalam ruangan diletakkan di pot dengan tatakan piring. Nah, ketika menyiram pastikan air di tatakan tidak tergenang. Apabila dibiarkan, bisa menyebabkan media tanam terlalu lembab dan berisiko kebusukan akar.

Jika diletakkan indoor, pastikan suhu dalam ruangan tidak lebih rendah dari 18 derajat dan lebih tinggi dari 26 derajat selsius. Pemberian pupuk bisa dilakukan ketika suhu sedang panas-panasnya. Ini bisa membantu syngonium merasa bahagia dan memendarkan variegata berbagai motif.

Cara Merawat Syngonium Outdoor

Intensitas cahaya adalah musuh paling bisa dikenali. Hindari meletakannya terpapar matahari langsung. Artinya Anda bisa meletakkan di tempat sedikit teduh di halaman. Untuk penyiraman, pemupukan, dan pemangkasan, cara mengidentifikasinya sama dengan cara merawat syngonium indoor.

Antara lain dengan memperhatikan kelembapan media tanam, proses pertumbuhannya, dan suhu sekitar.