5 Cara Merawat Tanaman Pakis Seperti Suplir atau Maidenhair Fern
Ilustrasi cara merawat suplir atau maidenhair fern genus pakis di dalam ruangan (Pexels/RONDAE Productions)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak sekali varietas tanaman pakis yang populer untuk menghias ruangan. Termasuk diantaranya adalah suplir atau maidenhair fern. Tumbuhan ini, memiliki daun berkelompok dan batang yang mekar seperti kipas. Daun maidenhair fern mungil dan lebar. Bagaimana cara merawatnya ketika diletakkan dalam ruangan? Ikuti tips berikut.

1. Pertumbuhannya lambat

Tanaman pakis biasa nyelonong tumbuh di batu-batu atau tembok batu bata yang lembap dari rembesan air. Meskipun secara visual cantik, tetapi tahap pertumbuhannya hingga dewasa tergolong lambat. Melansir The Spruce, Rabu, 11 Januari, membutuhkan waktu hingga tiga tahun untuk mencapai ukuran dewasa penuh. Tanaman pakis juga bisa tumbuh di area yang terkena matahari.

Pakis maidenhair fern merupakan genus Adiantum yang secara keseluruhan terdapat 200 varietas pakis yang ditanam di seluruh dunia. Genus ini, diambil dari kata Yunani, adiantos yang berarti ‘tidak dibasahi’. Ini juga merupakan definisi tumbuhan pakis, daunnya menolak air. Jika Anda menyiramnya, air akan jatuh dan daunnya memiliki bulu lembut.

cara merawat suplir di dalam ruangan
Ilustrasi cara merawat suplir indoor (iStockphoto/dragana991)

2. Menjaga pot tetap lembap

Meski daunnya menolak air, tanaman ini harus tumbuh di tanah lembap. Faktor lingkungan juga penting dalam merawat pakis ini. Agar tetap sehat, Anda perlu menyiram secara rutin media tanamnya. Jangan sampai kering atau pH tanahnya turun drastis.

3. Menerima sinar matahari tidak langsung

Kalau hidup di hutan, tanaman pakis biasa berpayung tanaman besar. Meski membutuhkan matahari untuk fotosintesis, tetapi tidak bisa terpapar langsung cahaya matahari. Untuk berhasil menumbuhkan pakis dalam ruangan, coba tiru habitat aslinya. Letakkan pot tanaman pakis di tempat yang hanya menerima sinar matahari tidak langsung. Jangan sampai juga kurang matahari, karena pertumbuhan daun akan memburuk dan menguning. Paling mungkin, letakkan di jendela arah utara agar mendapatkan matahari pagi dan sore saja.

4. Tanah sebagai media tanam terbaik untuk tanaman pakis

Pakis suplir yang ditanam indoor, menyukai tanah pot yang lembap tetapi memiliki drainase baik. Air sangat penting untuk pakis. Guna menciptakan lingkungan tepat untuk tumbuhan yang tak berbunga ini, masukkan lumut atau bahan organik seperti kompos ke dalam tanah untuk menahan air.

cara merawat tanaman suplir di dalam ruangan
Ilustrasi cara merawat suplir di dalam ruangan (iStockphoto/Sammy Jones)

5. Intensitas dan frekuensi penyiraman

Tanah yang lembap secara konsisten adalah tempat bagus jika Anda baru mulai menanamnya. Pastikan menyiramnya sekali sehari atau dua hari sekali. Perhatikan perkembangan daunnya, apabila menguning mungkin karena penyiraman berlebihan.

Penting pula dipraktikkan, jangan sampai akar pakis terendam air. Meski kelembapan penting, tetapi hindari pembusukan akar dengan intensitas air yang pas. Untuk pemupukan, tidak perlu terlalu sering dan hindari terlalu banyak nitrogen. Cukup beri pupuk cair yang diencerkan sebulan sekali atau pipik organik dengan komposisi seimbang.

Sebagai tambahan untuk cara merawat tanaman pakis, termasuk maidenhair fern, Anda perlu me-repotting setahun sekali. Ini bisa disesuaikan dengan ukuran pertumbuhannya. Semakin mereka membesar, semakin membutuhkan pot yang sesuai.