Mengenal Manfaat Fenugreek untuk Kulit Wajah dan Rambut
Ilustrasi manfaat fenugreek untuk kulit wajah dan rambut (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Fenugreek bentuknya seperti kedelai dan umum dipakai sebagai obat keluarga. Banyak orang memanfaatkan bijinya sehabis dipanen, daun, ranting, dan akar segar maupun kering untuk bumbu masakan. Menurut sejumlah penelitian, fenugreek berpotensi positif untuk menjaga kesehatan.

Sering disebut dengan klabet, fenugreek merupakan tumbuhan dari keluarga Fabaceae dengan nama ilmiah Trigonella foenum-graecum. Apa manfaat dari fenugreek?

Di dalam fenugreek terkandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, mineral, dan serat, dilasir Medical News Today, Rabu, 14 September. Pemanfaatan dari tanaman yang tersebar di seluruh dunia ini diolah menjadi sabun, kosmetik, teh, campuran garam masala, perasa hidangan, dan produk imitasi dari sirup maple. Kalau untuk kulit dan rambut, berikut manfaat fenugreek.

1. Mengurangi jerawat

Jerawat yang meradang, cukup menggelisahkan. Sebab selain rasanya tak nyaman, juga berisiko pecah dan iritasi. Biji fenugreek dikenal memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti inflamasi. Oleh karena itu, peradangan jerawat dapat diatasi biji fenugreek. Bahkan dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat, eksim, luka, dan luka bakar.

manfaat fenugreek untuk kulit wajah dan rambut
Ilustrasi manfaat fenugreek untuk kulit wajah dan rambut (Freepik/stockimagefactory)

2. Menghalau tanda-tanda penuaan

Fenugreek adalah obat anti penuaan alami. Bijinya kaya akan niasin atau vitamin B3 yang dapat meregenerasi sel-sel kulit mati. Efek terbaik dari memakai fenugreek, antara lain menghilangkan kerutan, bintik-bintik penuaan, dan garis-garis halus pada kulit wajah.

3. Membuat kulit glowing

Kulit yang bercahaya menggambarkan kondisi sehat. Selain biji, terdapat pula bubuk fenugreek yang bisa digunakan sebagai scrub wajah. Penggunaan teratur dapat membuat kulit tampak lebih glowing alami. Bahkan, mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan komedo.

4. Merawat kulit berminyak

Fenugreek saat ini diolah menjadi bahan kosmetik agar lebih simple mengaplikasikannya pada kulit wajah. Seperti dikemas dalam masker wajah, yang punya manfaat untuk mengontrol sebum sehingga kulit tak berminyak.

5. Mengatasi ketombe dan rambut rontok

Melansir Stylecraze, Rabu, 14 September, bubuk fenugreek adalah salah satu solusi paling efektif untuk mengatasi ketombe. Untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok, cara kerja fenugreek dengan memperkuat helai rambut hingga akarnya.

Nah, selain menjaga rambut tetap kuat, fenugreek bermanfaat mendorong pertumbuhan rambut dari kandungan protein dan asan nikotinat di dalamnya. Ditambah lagi, rambut berkilau diperoleh dari lesitin dalam fenugreek. Kalau Anda memiliki rambut rusak, fenugreek bisa jadi salah satu bahan alami alternatif yang bisa dipakai untuk perawatan rambut.