<i>Skin Cycling</i>, Siklus Memakai <i>Skincare</i> 4 Hari Sekali untuk Hasil Optimal
Ilustrasi mengenal skin cycling, siklus empat hari sekali dalam pemakaian skincare (Freepik/cookie_studio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebegitu banyaknya jenis produk skincare, Anda perlu memilih mana yang cocok bukan yang sedang populer. Sadangkan teknik dalam mengaplikasikan skincare rutin, Anda bisa mengikuti tren viral di TikTok yang disetujui oleh dermatolog. Teknik ini disebut skin cycling, atau siklus perawatan kulit yang dilakukan dalam frekuensi selama empat hari.

Dokter kulit Whitney Bowe, menyarankan menggunakan siklus empat hari alih-alih menggunakan produk skincare setiap malam. Di sisi lain, Loretta Pratt, dokter kulit bersertifikat, telah merekomendasikan teknik ini selama bertahun-tahun lalu. Bahkan, Pratt telah menjalani selama lebih dari 20 tahun.

Menariknya, siklus empat hari ini digunakan untuk meminimalisir risiko iritasi. Selain siklus yang akan dijelaskan di bawah, Anda tetap perlu melakukan rutinitas perawatan kulit wajah harian. Di antaranya ialah membersihkan, memakai tabir surya, dan serum ekstra.

mengenal skin cycling, siklus empat hari sekali dalam memakai skincare
Ilustrasi mengenal skin cycling, siklus empat hari sekali dalam pemakaian skincare (Freepik)

Kalau siklus empat hari, merupakan rutinitas yang didasarkan pada jadwal empat malam. Malam pertama, pengelupasan kulit dengan skincare kandungan asam, kemudian malam retinoid, selanjutnya malam pemulihan.

Malam pengelupasan pada hari ke-1

Malam pertama perawatan harus mencakup pengelupasan kimia. Eksfoliasi atau pengelupasan kulit bisa dilakukan secara lembut di rumah. Yang penting, eksfolian harus selalu diterapkan setelah pembersih lembut dan selalu diikuti dengan pelembap.

Pengelupasan bertujuan untuk membersihkan kulit mati, membuat kulit wajah tetap halus, dan mempersiapkan kulit menyerap produk secara lebih baik.

Malam retinoid pada hari ke-2

Langkahnya sama seperti malam pertama, diawali dengan pembersihan dan diikuti pelembap. Saran ahli bedah plastik, Jaimie DeRosa dilansir HuftPost, Senin, 12 September, gunakan skincare dengan retinol dalam jumlah sedikit. Ini untuk mengantisipasi supaya kulit wajah tidak mengalami iritasi. Jika Anda baru mulai menggunakannya dan memiliki kulit sensitif, berhati-hatilah. Pakai seukuran kacang polong untuk diratakan seluruh wajah, jangan kebanyakan ya.

Manfaat spesifik dari skincare dengan retinol ialah untuk meningkatkan produksi sel kulit, merangsang kolagen, dan memudarkan kerutan, bintik hitam, serta mengencangkan tekstur kulit.

Malam pemulihan pada hari ke-3 dan 4

Setelah pengelupasan dan malam retinol, dua hari berikutnya akan fokus untuk membiarkan kulit beristirahat. Pada malam-malam ini, yang Anda harus lakukan adalah membersihkan dan menggunakan pelembap.

Pastikan pelembap tidak mengandung vitamin A atau retinol di dalamnya. Selain itu, pertimbangkan serum tambahan dengan asam hialuronat setelah pembersihan dan memakai pelembap. Tujuannya, agar kulit wajah terhidrasi dengan cukup.