Menggunakan Skincare Pagi Jam Berapa <I>Sih</i>? Begini Penjelasan yang Sering Diabaikan
Ilustrasi skincare untuk kulit berminyak (iStockphoto).jpg

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pertanyaan seperti menggunakan skincare pagi jam berapa, dan jadwal pemaiakan yang tepat masih kerap ditanyakan. Hal itu wajar karena jadwal pemakaian skincare harus diperhatikan agar hasil yang didapat juga bisa maksimal. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, VOI telah merangkumkan informasinya untuk Anda.

Memakai Skincare Pagi Jam Berapa?

Harus diketahui lebih dulu bahwa pemakian skincare dibagi menjadi dua waktu, yakni pada pagi dan malam. Hal itu didasarkan pada kandungan skincare itu sendiri. Ada skincare yang diformulasikan untuk digunakan pada pagi hari demi melindungi kulit dari sinar matahari.

Sedangkan skincare malam hari biasanya mengandung bahan yang akan membantu memperbaiki kulit setelah seharian terpapar polusi dan sinar matahari. Memperhatikan jadwal pemakaian skincare yang tepat juga menjadi bagian dari cara merawat kulit.

Jenis skincare pagi juga banyak, tak hanya terbatas pada satu produk saja. Adapun jadwal tepat memakai skincare pagi adalah sebagai berikut.

  • Pukul 6 - 7 Pagi

Di jam ini, Anda disarankan untuk mencuci wajah dengan facial wash yang membantu menyegarkan kulit sekaligus membersihkan kulit dari skincare malam. Patut diingat, produk facial wash berbeda dengan sabun biasa, sehingga meski Anda telah mandi, disarankan untuk tetap membasuh wajah dengan facial wash.

  • Pukul 7- 8 Pagi

Dua jam berselang menggunakan facial wash, Anda disarankan untuk menggunakan shooting gel yang bermanfaat untuk melembabkan sekaligus menenangkan kulit wajah sebelum beraktivitas.

  • Pukul 8 - 8.30 Pagi

Jika Anda punya pekerjaan di lapangan yang mengharuskan Anda panas-panasan, maka sangat disarankan untuk menggunakan moisturizer dan sunscreen. Hindari kesalahan penggunaan tabir surya agar tak merusak kulit.  

Pemakaian keduanya bisa dilakukan pada pukul 10 pagi atau sebelum berangkat aktivitas agar sinar matahari dan polusi tak merusak kulit wajah Anda. Selain itu juga bermanfaat untuk menghidrasi kulit.

Harus diingat, hindari melakukan layering skincare dengan menumpuk serum, essence, dan berbagai macam produk oli base. Karena saat pagi kulit wajah akan cukup sensitif. Dengan menggunakan produk berbasis oil, wajah berpotensi berminyak berlebih.

Jadwal Skincare Siang hingga Malam

Setelah Anda selesai menggunakan skincare pagi, Anda bisa berangkat bekerja atau melakukan aktivitas lainnya. Namun, memperhatikan penggunaan skincare tak hanya dilakukan pada pagi hari. Anda juga harus tahu waktu yang untuk menggunakan skincare saat siang dan malam. Adapun waktu tersebut adalah sebagai berikut.

  • Pukul 11.30 – 12.30

Di waktu ini, posisi matahari tepat berada di atas kepala, sehingga sinar potensi UV merusak kulit lebih besar dan produksi minyak alami juga lebuh besar. Untuk memperbarui skincare pagi yang terhapus karena aktivitas atau keringat, disarankan untuk menggunakan face mist agar kulit tetap lembab. Anda juga disarankan mengoleskan sunscreen lagi terutama saat aktivitas di luar.

  • Pukul 14.00 – 17.00

Di waktu ini, cuaca panas mulai menurun. Namun ruangan ber-AC dan suhu udara yang kering membuat wajah kehilangan kelembapan. Anda disarankan kembali mengaplikasikan pelembab lagi.

  • Pukul 20.00 – 21. 00

Patut diketahui bahwa kulit siap menyerap nutrisi dari skincare saat malam hari. Sebelum merawat kulit wajah, Anda disarankan untuk membersihkan wajah dan menyegarkan kulit setelah beraktivitas seharian dengan sheet mask. Setelah itu Anda bisa mengaplikasikan produk layering untuk menjaga kekenyalan kulit dan menjaga kulit tetap sehat.

Kunci keberhasilan dari perawatan salah satunya adalah menggunakan skincare pagi jam berapa dan tahu kebutuhan skincare yang tepat untuk wajah. Untuk membaca artikel Muhammad Aan dan informasi menarik lainnya, kunjungi VOI.ID.