Kenapa Sepatu Docmart Mahal? Ini Dia Fakta-Fakta di Baliknya!
Sepatu Docmart (Foto: Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa waktu yang lalu nama sepatu Docmart menjadi viral di Twitter karena cuitan salah satu pengguna yang menyatakan bahwa dirinya merasa tidak nyaman ketika memakai sepatu tersebut. Cuitan tersebut ramai ditanggapi oleh pengguna yang lain. Ada yang menyanggah, namun ada juga yang membenarkan.

Keributan di sosial media kali ini cukup menarik karena secara tidak langsung justru mengangkat nama docmart. Jenis sepatu ini kurang tenar bila dibandingkan sepatu sneakers biasa. Hal ini mungkin dikarenakan harganya yang mahal sehingga tidak semua orang bisa membeli dan mencobanya.

Dari mana sebetulnya sepatu ini berasal?

Nyatanya, Docmart merupakan singkatan dari Dr.Martens, Doc Marten, atau DM yang merupakan seorang dokter-tentara Nazi Jerman pada perang Dunia ke II. Cerita bermula ketika dia bermain ski dan berujung kecelakaan yang membuat kakinya patah. Saat itu usianya masih 25 tahun.

Dirinya mengeluhkan bagaimana sepatu bot tentara Jerman tidak nyaman dipakai untuk kakinya yang memang sedang berada dalam masa penyembuhan. Untuk mengatasi hal tersebut, akhirnya dia mencoba membuat sepatunya sendiri. Meniru sepatu bot milik tentara tetapi menggunakan karet dari ban truk untuk solnya.

Kemalangan yang dialami Doc Marten ternyata berujung berkah karena dirinya membuat prototipe sol yang lebih bagus dan nyaman lalu menunjukkannya kepada orang lain. Akhirnya, setelah menilai bahwa sepatu tersebut layak untuk dijual, sang dokter menjalin kemitraan dan mulai menjual sepatu tersebut pada tahun 1947.

Pada awal-awal penjualan, diketahui bahwa 80% konsumen mereka merupakan ibu-ibu yang berusia di atas 40 tahun. Kamu mungkin bisa menebak bahwa para pemakai sepatu docmart ini merasa nyaman ketika mengenakannya untuk beraktivitas.

Sekarang, hampir 80 tahun kemudian, sepatu Docmart terus diproduksi dan memiliki penggemar. Dulunya, pemakai sepatu docmart adalah para pekerja keras yang bekerja di lapangan. Namun sekarang, sepatu ini juga bisa dipakai sebagai salah satu model fashion.

1. Berapa Harga Sepatu Docmart?

Harga sepatu Docmart di Zalora, marketplace fashion terbesar di Indonesia ternyata bisa dibilang cukup tinggi. Untuk model pantofel wanita ada di rentang 2,3 juta hingga 2,5 juta per pasang.

Sedangkan model sepatu docmart untuk laki-laki justru lebih banyak. Ada yang high waist, ada juga low waist, keduanya sama-sama menggunakan tali pengencang sehingga memang membuat pemakainya jadi tampil lebih menarik.

Warna tali dan warna kulit dari sepatu docmart pun bermacam-macam. Ada yang berwarna suede cokelat muda, ada yang berwarna hitam metalik, ada juga yang cokelat terang. Kamu bebas memilih sesuai selera dan kebutuhan.

Sepatu-sepatu high waist dan low waist ini nyatanya bisa dipakai untuk wanita juga selama muat. Rentang harga dari sepatu ini lebih tinggi dibanding yang khusus perempuan yakni mulai dari 2,5 juta hingga 3,5 juta. Namun jangan salah, memakai sepatu docmart akan membuat penggunanya menjadi lebih trendi dan percaya diri.

2. Awet

Kamu mungkin penasaran, sebetulnya sepatu docmart ini terbuat dari kulit apa? Kok bisa tebal dan kuat begitu. Jadi Sepatu Boot DOCMART terbuat dari bahan kulit Sapi Krom High Quality yg kuat dan tebal, Ditambah dengan sol luar dari bahan karet anti slip yang tidak licin serta dikombinasikan lagi dengan lapis merimis yang halus dan kuat.

Tidak heran sepatu ini diklaim bisa awet minimal lima tahun. Bahkan ada juga yang mengaku sudah mengenakan sepatu ini dan kondisinya tetap bagus. Jadi kalau semisal kamu merasa ragu untuk membeli sepatu docmart, coba deh tepis keraguan tersebut. Harga dua atau tiga jutaan tapi tahan sampai tujuh tahun seharusnya terbilang murah. Ini artinya kamu tidak perlu lagi membeli sepatu boot atau sepatu kulit baru dalam rentang waktu itu.

3. Beragam Jenis

Seperti yang tadi sudah disampaikan, sepatu docmart memiliki beragam jenis. Kamu bisa menemukan mulai dari boots tradisional, model oxfords, mary janes, chelsea boots, hingga canvas boots. Sangat menarik bukan?

Selain itu, size yang tersedia pun sangat beragam. Kamu tidak perlu khawatir kalau ukuran kakimu kecil atau bahkan besar karena Docmart pasti bisa menyediakan sepatu yang pas dengan ukuran kakimu.

Banyaknya jenis dan juga tingginya kualitas yang ditawarkan oleh docmart tak ayal membuat sepatu ini jadi memiliki harga yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan sepatu boots kulit dari brand lain.

4. Cocok Untuk Segala Situasi

Pada generasi saat ini, kamu bisa memakai sepatu docmart untuk pergi ke kantor, bermain, atau bahkan sekedar berjalan-jalan. Kamu tidak harus bekerja di luar, segmen pemakai docmart memang makin meluas karena sepatu menjadi salah satu industri fashion.

Nah, itu dia beberapa kelebihan sepatu docmart. Semoga kamu jadi semakin yakin untuk bisa membeli atau menjadikannya salah satu koleksi sepatu ya. Jangan lupa untuk memesan sepatu docmart di Zalora. Kamu juga bisa memesan produk-produk fashion lain seperti atasan, celana jeans, bawahan, skincare, aksesoris, dan masih banyak lagi. Kamu tidak perlu repot pergi meluangkan waktu ke toko karena pesanan kamu bisa diantar hingga ke tempat. (ADV)