Harga Bonsai Kimeng Termahal Bisa Tembus Rp1 Miliar, Memang Apa Istimewanya?
Ilustrasi tanaman bonsai . (ilyessuti-pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bonsai merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki banyak penggemar. Harganya juga terbilang fantastis, mengingat bonsai bukanlah tanaman hias biasa. Salah satu jenis bonsai termahal di dunia adalah kimeng. Bahkan, harga bonsai kimeng termahal dikabarkan bisa mencapai Rp1 miliar.

Bonsai kimeng memiliki nama latin Chinese Banyan. Dalam istilah Jepang, bonsai kimeng diseut gajumaru.

Salah satu ciri khas bonsai kimeng adalah warna batangnya yang ke abu-abuan dan daunnya berukuran besar. Tanaman hias ini bisanya tumbuh subur pada daerah tropis yang lembab.

Bonsai Kimeng Termahal

Seperti yang sudah disinggung di atas, bonsai kimeng merupakan salah satu jenis bonsai dengan harga yang sangat mahal. Kendati demikian, jangan takut untuk membeli bonsai kimeng yang masih berukuran kecil, jika Anda memiliki budget yang cukup.

Pasalnya, bonsai kimeng yang dirawat dengan baik dan dalam jangka waktu yang lama bisa dijual dengan harga tinggi. Bahkan, ada bonsai kimeng yang harga jualnya tembus Rp1 miliar. Hal ini tentu bisa menjadi investasi yang baik untuk masa tua.

Alasan Harga Bonsai Kimeng Mahal

Bonsai kimeng memiliki bentuk yang indah dan masa hidup yang lama. Itulah mengapa bonsai kimeng dijual dengan harga yang sangat mahal.

Apabila Anda hendak membeli bonsai kimeng, hendaknya melakukan survey ke penjual lebih dahulu. Jangan membeli bonsai kimeng di tempat abal-abal untuk menghindari penipuan atau kualitas bonsai yang tidak sebanding dengan harga mahalnya.

Keistimewaan Bonsai Kimeng

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, bonsai kimeng termasuk tanaman hias yang memiliki banyak keistimewaan. Apa saja keistimewaan yang dimiliki bonsai kimeng? Simak ulasannya berikut ini:

1. Bonsai Kimeng Tanaman Hias yang Unik

Bisa dibilang, bonsai kimeng adalah tanaman yang unik. Banyak kolektor memburu bonsai kimeng karena kelebihan yang dimilikinya.

Salah satu keunikan bonsai kimeng yakni batangnya yang cukup fleksibel sehingga mudah untuk dipasang kawat dan membentuk pohon bisa dilakukan dengan mudah.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan teknik grafting untuk membuat pohon dengan lekuk yang uni dan menjadikannya terlihat sangat menarik.

2. Bonsai Kimeng Masuk Jenis Bonsai Beringin

Bonsai kimeng ternyata termasuk jenis bonsai beringin. Oleh sebab itu, jangan bingung ketika Anda menemukan nama bonsai beringin kimeng, karena memang itulah nama asli bonsai kimeng.

3. Bonsai Kimeng Bisa Hidup dalam Waktu yang Lama

Memiliki bonsai kimeng merupakan suatu kebahagiaan tersendiri. Terlebih, bonsai ini bisa bertahan hidup dalam jangka waktu yang sangat lama. Asalkan dirawat secara rutin dengan teknik dan pemeliharaan tanaman yang baik dan benar.

Ilustrasi bonsai kimeng
Ilustrasi bonsai kimeng (David Yu/Pexels)

Cara merawat tanaman hias bonsai kimeng sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu menyediakan pot dan media tanam terbaik sebagai wadah bonsai kimeng

Ukuran pot standar yang dibutuhkan bonsai kimeng yakni sekitar 60 cm. Untuk perawatannya, cukup diletakkan di bawah sinar maatahari, diberi siraman air yang cukup serta merawat akar dan daun bonsai kimeng.

4. Semakin Tua, Bonsai Kimeng Semakin Mahal

Bonsai kimeng yang dirawat dalam jangka waktu yang lama, bisa kembali dijual dengan harga yang lebih tinggi ketimbang saat Anda membelinya. Bonsai kimeng yang sudah tua bisa jual dengan harga ratusan juta rupiah.