Terkenal Mahal, Ini 4 Keunikan Bonsai Kimeng
Ilustrasi (David Yu/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Bonsai merupakan salah satu jenis tanaman yang paling banyak diburu orang, terutama bagi mereka yang memang hobi mengoleksi bonsai. Hal ini karena bentuk bonsai sangat unik dan memiliki harga jual yang tinggi sehingga kerap dijadikan sebagai peluang bisnis. 

Jenis tanaman bonsai sendiri ada banyak, misalnya saja yang paling populer adalah bonsai kelapa, beringin, dan serut. Namun, di samping jenis-jenis bonsai tersebut, ada juga jenis bonsai lain yang sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat, yaitu bonsai kimeng.

Jenis bonsai kimeng menjadi populer karena memiliki nilai jual yang sangat mahal. Lalu, apa saja yang menjadi keunikan dan keindahan dari bonsai kimeng sehingga dibanderol dengan harga yang tinggi? Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan mengenai bonsai kimeng di bawah ini, yuk!

Bonsai kimeng termasuk jenis Bonsai Beringin

Bagi Anda pecinta tanaman bonsai, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis bonsai beringin, ‘kan? Nah, ternyata bonsai kimeng yang sedang populer ini termasuk dalam jenis bonsai beringin, lho! Oleh karena itu, jangan bingung kalau Anda menemukan nama bonsai beringin kimeng karena memang itulah nama panjangnya bonsai kimeng.

Bonsai kimeng punya bentuk yang indah

Mungkin Anda merasa sedikit aneh saat mendengar nama bonsai kimeng. Akan tetapi, jangan menilai tampilan bonsai kimeng dari namanya karena bentuk jenis bonsai yang satu ini justru sangat unik dan indah, bahkan tidak kalah dengan tanaman bonsai lainnya. Maka dari itu, tak heran kalau bonsai kimeng termasuk kategori tanaman hias.

Secara detail, ciri-ciri dari bonsai kimeng adalah memiliki daun-daun yang sangat rimbun dengan warna hijau yang menyegarkan mata. Sementara itu, bagian batangnya biasa berukuran cukup besar sehingga tampil sangat memukau.

Bonsai kimeng bisa bertahan hidup lama

Siapa pun yang memiliki tanaman bonsai kimeng pasti akan merasa bahagia karena jenis bonsai yang satu ini dapat bertahan hidup dalam waktu yang sangat lama. Namun, tentu saja hal ini harus diikuti dengan teknik perawatan dan pemeliharaan tanaman yang tepat secara rutin.

Untuk merawatnya pun tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu menyediakan pot dan media tanam terbaik sebagai wadah bonsai kimeng. Biasanya, untuk jenis bonsai kimeng standar, ukuran pot yang dibutuhkan sekitar 60 cm. Setelah itu, lakukan perawatan umum, seperti meletakkannya di bawah sinar matahari, penyiraman secukupnya, serta merawat akar dan daunnya.

Semakin tua semakin mahal

Kalau untuk barang atau produk-produk tertentu, biasanya semakin lama masa pakai, maka semakin turun harga jualnya. Namun, hal ini berbeda dengan bonsai kimeng.

Nah, kalau Anda berhasil merawat jenis bonsai kimeng sampai waktu yang sangat lama, Anda bisa menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi lagi dibandingkan saat Anda membelinya. Bahkan, harga bonsai kimeng yang sudah tua ini bisa mencapai ratusan juta, lho! Wah, keren banget, ya?